Atasi Kejahatan Lintas Negara, 6 Delegasi Polri Ikuti FBI Asia 23RD Pacific Conference di Malaysia

Atasi Kejahatan Lintas Negara, 6 Delegasi Polri Ikuti FBI Asia 23RD Pacific Conference di Malaysia

JAKARTA, PAGARALAMPOS.COM - Malaysia tahun ini menjadi tuan rumah dari Federal Bureau of Investigation (FBI) Asia 23Rd Pacific Conference. 

Mabes Polri mengirimkan 6 orang sebagai delegasi, mulai dari Brigjen Mardiaz Kusin Dwiharnanto hingga Kompol Rovan Richard Mahenu.

Sebagai salah satu lembaga penegak hukum terbesar di dunia, FBI mempunyai jejaring internasional bersama dengan lembaga penegak hukum negara lainnya.

FBI juga mempunyai National Academy yang setiap tahunnya mengundang penegak hukum dari berbagai belahan dunia untuk mengikuti pendidikan selama 3 bulan yang terpusat di FBI Academy di Quantico, Virginia, Amerika Serikat.

Pendidikan selama 3 bulan tersebut terdiri dari pelajaran akademis di kelas dan juga pelajaran praktik di lapangan.

BACA JUGA:Terima 560 Laporan Polisi, Polri Lintas Negara Atasi Kasus TPPO

Tujuan FBI National Academy tersebut adalah untuk memperkuat jejaring penegak hukum di seluruh dunia dalam memerangi kejahatan.

Yang dalam perkembangannya semakin pesat dan seolah-olah sudah tidak mempunyai batas lagi dimana pelaku dalam merencanakan dan melakukan kejahatannya

Untuk memastikan tujuan tersebut terlaksana, FBI setiap tahun mengadakan konferensi dengan mengundang para alumni dari FBI National Academy yang merupakan penegak hukum dari berbagai belahan dunia.

Semua berkumpul bersama dan berdiskusi terkait dengan perkembangan-perkembangan kejahatan di beberapa negara yang dianggap cukup menarik serta berbagi pengalaman dengan tujuan untuk berbagi solusi dalam penanganannya.

BACA JUGA:Kapolri Promosikan Komjen Agus Andrianto Sebagai Wakapolri, Kabareskrim dan Kabaintelkam Pejabat Baru

Menariknya, seperti sebuah adagium yang berbunyi, “Old Soldier Never Dies”, FBI Conference ini juga turut mengundang pensiunan (retired) penegak hukum dari negara-negara lainnya.

Semuanya bergabung dalam sebuah konferensi yang dikemas dengan apik dan menarik.

Tahun 20023 ini Malaysia menjadi tuan rumah dari FBI Asia Pacific Conference, dengan Datuk TS Ahmad Ramdzan Bin Daud sebagai Presiden FBI Asia Chapter 2023. Konferensi ini diadakan di area Sunway Resort, Kuala Lumpur, mulai tanggal 26 hingga 30 Juni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: