Karena Kutukan, Keturunan Adipati Cepu Tak Berani Mendaki ke Gunung Lawu

Karena Kutukan, Keturunan Adipati Cepu Tak Berani Mendaki ke Gunung Lawu

Karena Kutukan, Keturunan Adipati Cepu Tak Berani Mendaki ke Gunung Lawu -Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Prabu Brawijaya sangat erat kaitannya dengan Gunung Lawu dan hal itu membuat kisah Gunung Lawu sangat menarik untuk ditelusuri.

Pada masa akhir Kerajaan Majapahit (1400M), kerajaan mengalami pasang surut dalam pemerintahan Prabu Brawijaya V.

Putra Brawijaya V yang bernama Raden Patah mendirikan kerajaan Islam yaitu Kerajaan Demak yang menjadi kerajaan besar di Jawa.

Brawijaya gagal membujuk Raden Patah untuk kembali ke kerajaannya dan menolak jika Kerajaan Demak menjadi bawahan Kerajaan Majapahit.

Berawal dari pemberontakan menantunya sendiri, Prabu Brawijaya pindah ke Kerajaan Demak.

Raden Patah bermaksud mengajak ayahnya untuk memelu Agama Islam, tetapi Prabu Brawijaya menolak ajakan tersebut.

BACA JUGA:Dibalik Keindahan Gunung Lawu, Ternyata Menyimpan Berbagai Kisah Mistis, Simak Sebelum Mendaki!

Prabu Brawijaya tidak ingin terus berdebat yang mengakibatkan peperangan dengan anaknya sendiri, akhirnya memilih jalan untuk melarikan diri bersama pengikutnya ke Karanganyar.

Geram terus dikejar pasukan cepu, dalam persembunyiannya di puncak Gunung Lawu, Prabu Brawijaya mengeluarkan sumpah kepada Adipati Cepu:

"Sawijining ono Anggone uwong cepu utawi turunane Adipati Cepu pinarak sajroning gunung lawu bakale kengeng nasib ciloko lan agawe bisa lungo ing gunung lawu"

jika diartikan:

"Jika ada orang-orang dari daerah cepu atau dari keturunan langsung Adipati Cepu naik ke Gunung Lawu, maka nasibnya akan celaka atau mati di Gunung Lawu."

Hingga sekarang, tuah sumpah raja terakhir Majapahit Prabu Brawijaya masih diikuti oleh orang daerah Cepu khususnya Keturunan Adipati Cepu.Gunung Lawu berada di perbatasan provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur ini menjadi daya tarik yang unik dan menarik bagi pecinta petualangan dan spiritualitas.

BACA JUGA:Keturunan Adipati Cepu Ciut jika Ke Gunung Lawu, Ternyata Inilah Penyebabnya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: