Ini Alasan Orang Palembang Banyak yang Bermata Sipit, Ternyata ada Suku Keturunan Tionghoa

Ini Alasan Orang Palembang Banyak yang Bermata Sipit, Ternyata ada Suku Keturunan Tionghoa

Ini Alasan Orang Palembang Banyak yang Bermata Sipit, Ternyata ada Suku Keturunan Tionghoa -Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Warga Palembang dikenal luas memiliki ciri fisik seperti orang China yang bermata sipit dan berkulit putih. Ciri khas tersebut ternyata berkesesuaian dengan kisah pada zaman dahulu.

Sejarawan dan budayawan Ali Hanafiah menjelaskan, pada awalnya orang-orang China yang masuk ke Palembang berdiam di Sungai Musi dengan membangun rumah rakit. 

Kemudian, Sultan Mahmud Badaruddin I yang memimpin Kesultanan Palembang Darussalam antara 1724-1757, menikahi putri kerajaan China dan memiliki anak keturunan.

Benarkah Suku Sumatera Selatan Ternyata Keturunan Tionghoa? Simak Disini Penjelasannya tentang Suku-Suku di sumatera. 

Sebagai Provinsi Sumatera Selatan yang terkenal dengan keanekaragaman suku yang tetap mempertahankan tradisi dan adatnya.

BACA JUGA:Suku Sumsel Mana Sajakah Yang Berasal dari Keturunan China? Disini Jawabannya

Dimana Salah satu sukunya mrmiliki sejarah yang unik adalah suku Palembang yang muncul dari gabungan suku Arab, Cina, Jawa dan lainnya.

Dahulu Ketika orang Tionghoa pertama kali tiba di Palembang, mereka menetap di sepanjang Sungai Musi, menyebabkan percampuran penduduk lokal dan Tionghoa melalui perkawinan campuran.

Akibatnya, suku Palembang didominasi oleh keturunan Tionghoa.  

Kehadiran keturunan Tionghoa dalam suku Palembang menambah kekayaan budaya dan sejarah provinsi Sumatera Selatan.

Sumatera Selatan merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki berbagai keanekaragaman budaya, bahasa, etnis hingga suku yang berbeda-beda.

BACA JUGA:Tak Tertaklukkan Ratusan Tahun! Inilah Kerajaan Yang Tidak Bisa Dikalahkan Oleh Majapahit

Luas wilayah tersebut dihuni dengan jumlah populasi penduduk yang cukup besar, yaitu mencapai 8.551 jiwa per tahun 2021.

Suku yang ada di provinsi Sumatera Selatan juga banyak seperti, Suku Melayu Palembang, Suku Melayu Komering, Suku Melayu Semendo, Suku Melayu Empat Lawang, Suku Melayu Musi, Suku Melayu Banyuasin, Suku Jawa, Suku Sunda, Suku Tionghoa, Suku Minangkabau dan masih banyak suku lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: