Sangat Mengejutkan! Ternyata 5 Keturunan Suku Ini Bukti Bahwa Majapahit Kuasai Sumatera

Sangat Mengejutkan! Ternyata 5 Keturunan Suku Ini Bukti Bahwa Majapahit Kuasai Sumatera

Sangat Mengejutkan! Ternyata 5 Keturunan Suku Ini Bukti Bahwa Majapahit Kuasai Sumatera-Tangkapan Layar-selasar

PAGARALAMPOS.COM - Sumatera Selatan (Sumsel) Adalah salah satu daerah di Indonesia yang memiliki berbagai keanekaragaman budaya, bahasa, etnis hingga suku yang berbeda-beda. 

Memiliki Luas wilayah yang dihuni dengan jumlah populasi penduduk yang cukup besar, yaitu mencapai 8.551 jiwa per tahun 2021.

Keturunan Suku di Sumatera Selatan merupakan bagian dari masyarakat Sumatera Selatan, atau yang yang terkenal dengan Kerajaan Sriwijaya.

Tidak hanya terkenal dengan wilayah kekuasaannya, Kerajaan Majapahit turut terkenal dengan kekuatan armada militernya yang begitu tangguh dan disegani oleh bangsa lain.

BACA JUGA:KEREN BANGET! Berikut Kekuatan Kerajaan Pajajaran Yang Tak Kalah Dari Majapahit Sekalipun!

Bukti bahwa Majapahit memang sebuah kerajaan yang besar, banya sumber yang menggambarkan hingga memberikan data akan wilayah kekuasaan Majapahit.

Berdasarkan peta wilayahnya, adalah satu wilayah yang memiliki suku dari keturunan Majapahit dan masih ada hingga saat ini.

Salahsatunya adalah, suku yang ada di Provinsi Sumatera Selatan. Tercatat, di Sumsel ada 12 suku besar yang sudah banyak dikenal, belum lagi dengan suku-suku yang belum banyak diketahui orang.

Kalian ingin tahu suku apa saja yang ada di Sumsel?. Nah berikut ini kami sajikan beberapa suku yang ada di Sumsel, Simak ya!

BACA JUGA:Gagal Taklukan Pajajaran, Majapahit Kalah Taktik Sama Prabu Siliwang Rajanya Pajajaran!

1. Suku Komering

Komering merupakan salah satu suku atau wilayah budaya di Sumatra Selatan, yang berada di sepanjang aliran Sungai Komering. 

Seperti halnya suku-suku di Sumatra Selatan, karakter suku ini adalah penjelajah sehingga penyebaran suku ini cukup luas hingga ke Lampung. 

Suku Komering terbagi atas dua kelompok besar: Komering Ilir yang tinggal di sekitar Kayu Agung dan Komering Ulu yang tinggal di sekitar kota Baturaja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: