Kisah Lengkap Legenda, Sumpah Dan Kutukan Si Pahit Lidah. Sekali Berucap Jadi Batu Kau!

Kisah Lengkap Legenda, Sumpah Dan Kutukan Si Pahit Lidah. Sekali Berucap Jadi Batu Kau!

Kisah Lengkap Legenda, Sumpah Dan Kutukan Si Pahit Lidah. Sekali Berucap Jadi Batu Kau!-tangkapan layar-Youtube

PAGARALAMPOS.COM - Kisah Pendekar Sang Serunting Sakti, merupakan mitos yang umumnya sangat dikenal oleh masyarakat di wilayah Sumatera bagian selatan, Bahkan di berbagai daerah ini masing-masing kelompok etnik masyarakat memiliki versinya sendiri-sendiri terkait tentang cerita Serunting Sakti. 

Dikisahkan legenda pada umumnya, cerita tentang tokoh Serunting Sakti inipun disampaikan dari satu generasi ke generasi berikutnya secara lisan atau dituturkan.

Pada pernyampaiannya secara umum diceritakan bahwa tokoh Serunting diimajinasikan sebagai seorang yang sakti , ia memiliki kemampuan yang hebat luar biasa atau memiliki semacam ilmu sihir, sehingga disebut Serunting Sakti. 

Kemampuannya dapat menguasai dan merubah segala sesuatu termasuk orang dan binatang menjadi batu, kesaktiannya itu pula Serunting Sakti dijuluki juga sebagai Si Pahit Lidah.

BACA JUGA:Aset Sebesar 12 Trilliun! Inilah 3 Fakta Menarik Yang Ada Gunung Padang

Kisah Si Pahit Lidah Dengan Kesaktian Sumpah dan Kutukan

Diceritakan Puteri tidak kunjung pulang, setelah pamit pergi menjemur padi di pagi hari. Saat menjelang magrib, kakak Puteri, Si Pahit Lidah mulai gusar adiknya tak pulang-pulang. Tempat menjemur padi itu, berada di pinggiran kampung yang dipisahkan dengan sungai.

Saat itu Si Pahit Lidah Tanpa sadar berucap: "Kemanalah adikku ini, apa sudah menjadi batu". Apa yang diucapkan Si Pahit Lidah, ternyata menjadi kenyataan. Puteri adiknya telah berubah menjadi batu. Hal itu baru diketahui Si Pahit Lidah, saat dia keluar rumah untuk mencari adiknya di lokasi menjemur padi.

Sepenggal kisah tentang Si Pahit Lidah ini, termuat dalam kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjambi. Dalam laman tersebut, disebutkan kisah Si Pahit Lidah dan adiknya itu ditutukan oleh seorang bernama Indriansyah warga Desa Tanjung Telang, Kecamatan Merapi Barat, Kabupaten Lahat.

BACA JUGA:Mengenal Lebih Dalam Kisah Si Pahit Lidah, Pendekar Sakti Dengan Kutukan Hebatnya!

BPCB Jambi mengungkap, kisah Si Pahit Lidah dan Puteri, dipengaruhi oleh peninggalan megalitik yang ada di daerah tersebut. Salah satunya sebuah situs megalitik di lingkungan SMP Merapi Barat. Arca berbentuk batu besar tersebut, dikenal oleh masyarakat setempat sebagai Batu Puteri, atau dalam bahasa sehari-hari masyarakat lokal di sana disebut Batu Beteri.

Cerita rakyat dan legenda tentang kisah Si Pahit Lidah sangat terkenal di Sumatera, khususnya di bagian selatan, seperti di Sumatera Selatan, Begkulu, hingga Lampung.

Legenda Si Pahit Lidah ini, begitu populer di masyarakat hingga dongeng itu diwariskan secara turun-temurun. Bahkan, cerita tentang Si Pahit Lidah telah banyak dibukukan, dan dipublikasikan secara online.

Cerita tutur tentang Si Pahit Lidah, berkembang tidak hanya pada kelompok masyarakat yang meyakini keberadaan Si Pahit Lidah. Cerita rakyat itu, terus berkembang dan meluas ke seluruh dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: