Sering Diare Saat Haid? Ini Dia Penyebab dan 5 Cara Mengatasinya

Sering Diare Saat Haid? Ini Dia Penyebab dan 5 Cara Mengatasinya

Ini Penyebab Diare Saat Menstruasi!-Foto: ist-

PAGARALAMPOS.COM - DIare saat haid adalah hal yang wajar. Meski kemunculannya belum sepenuhnya dimengerti, perubahan fungsi tubuh selama menstruasi diduga jadi penyebab diare saat haid.

Para ahli meyakini, diare disebabkan oleh prostaglandin, yaitu senyawa kimia yang dilepaskan otot-otot dinding rahim dan menyebabkan kontraksi pada rahim serta usus.

Para ahli meyakini, diare disebabkan oleh prostaglandin, yaitu senyawa kimia yang dilepaskan otot-otot dinding rahim dan menyebabkan kontraksi pada rahim serta usus. Prostaglandin juga bertanggung jawab atas dismenore alias keram perut saat haid.

Prostaglandin juga bertanggung jawab atas dismenore alias keram perut saat haid. Prostaglandin merangsang kontraksi otot rahim sehingga suplai darah ke rahim berhenti beberapa saat. Selain itu, sensitivitas ujung-ujung saraf juga ikut meningkat. Hal inilah yang menimbulkan rasa nyeri dan keram perut saat haid. 

BACA JUGA:Ladies Kamu Harus Tau, Inilah 6 Penyebab Vagina Sering Terasa Gatal Saat Haid?

Prostaglandin dapat pula menyebabkan muntah, sakit kepala, dan diare saat menstruasi. Biasanya keram perut disertai diare terjadi pada tiga hari pertama haid.

Menurut gastroenterolog, dr. Francisco J. Marrero, dari Lake Charles Memorial Health System, Amerika Serikat, gerakan usus sebagian wanita haid berubah akibat prostaglandin.  

Akibatnya, fungsi usus dalam mencerna makanan terganggu. Gangguan pencernaan yang dialami wanita saat menstruasi pun beragam. Selain diare, beberapa wanita mengeluhkan sembelit.

Diare dan gangguan pencernaan lainnya juga dapat muncul seminggu sebelum haid. Biasanya diare pada kasus ini disertai dengan perubahan suasana hati. Kondisi ini dikenal sebagai sindrom pramenstruasi (PMS).

BACA JUGA:Normalkah Darah Haid Menggumpal? Yuk Simak 6 Penyebabnya Disini

Cara Mengatasi Diare saat Haid

Untuk mengatasi diare saat haid, sejumlah cara bisa kamu lakukan, di antaranya:

1. Banyak Minum

Perbanyak minum air putih, minimal 8 gelas per hari ketika kamu diare saat menstruasi. Hal ini berguna untuk mengganti cairan yang terbuang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: