Kisah Ratu Kalinyamat, Janda Cantik dan Sakti Pulau Jawa

Kisah Ratu Kalinyamat, Janda Cantik dan Sakti Pulau Jawa

wanita wanita hebat -Ist-Tiktok

Barang siapa yang bisa membunuh Arya Penangsang, akan dihadiahi tanah Pati dan Alas Mentaok.

Orangtua angkat Jaka Tingkir, yakni Ki Ageng Pamanahan dan temannya, Ki Panjawi dengan dibantu Ki Juru Mertani pun mendaftar dalam sayembara ini.

BACA JUGA:Keren Abis Dah! Square Bob Style dengan 6 Style Rambut Pendek Wanita Kekinian Lainnya

Namun ternyata tak hanya itu, putra Ki Ageng Pamanahan, Sutawijaya yang memiliki pusaka Tombak Kiai Pleret pun ikut mendaftar.

Diketahui, pusaka Tombak Kanjeng Kiai Pleret saat ini masih tersimpan rapi di Keraton Yogyakarta.

Dalam sebuah peperangan, akhirnya Arya Penangsang mati setelah ususnya yang terburai oleh Tombak Kiai Pleret terpotong oleh kerisnya sendiri, keris Setan Kober.

Usai kematian Arya Penangsang, Ratu Kalinyamat pun kembali memimpin Jepara. Ia masih tetap anti terhadap Portugis.

Dikisahkan dalam beberapa catatan, Ratu Kalinyamat di tahun 1550 mengirim 4000 pasukan untuk menyerang Portugis. Sayangnya Ia mengalami kekalahan. 

BACA JUGA:KEREN! Nih 5 Daftar Suku di Papua, Jangan Main-Main Dengan Suku Satu Ini

Kemudian di tahun 1556, Ratu Kalinyamat diminta oleh Kesultanan Aceh untuk mengirimkan pasukan melawan Portugis. Namun jauhnya perjalanan membuat 15 ribu pasukan yang dikirim Ratu Kalinyamat terlambat, sementara pertahanan Kesultanan Aceh sudah berhasil ditembus Portugis.

Meski lagi-lagi mengalami kekalahan, namun Ratu Kalinyamat menunjukkan kegigihan dan keberaniannya dalam melawan Portugis.

Ratu Kalinyamat wafat di tahun 1579. Ia dimakamkan di dekat makam suaminya, Pangeran Hadiri di Desa Mantingan, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara.

Melalui bantuan kecerdasan buatan, Komunitas AI Nusantara melalui akun TikToknya @ainusantara menginput lukisan dan informasi tentang Ratu Kalinyamat untuk dihasilkan gambaran yang mendekati ciri-ciri Ratu Kalinyamat.

Kecerdasan buatan akhirnya menghasilkan output, wajah Ratu Kalinyamat digambarkan sangat cantik. Dengan beberapa perhiasan menghiasai wajahnya yang terlihat sangat anggun, cantik, dan berwibawa. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarutara.id