Kisah Ratu Kalinyamat, Janda Cantik dan Sakti Pulau Jawa

Kisah Ratu Kalinyamat, Janda Cantik dan Sakti Pulau Jawa

wanita wanita hebat -Ist-Tiktok

PAGARALAMPOS.COM - Kisah Ratu Kalinyamat yang merupakan putri dari raja Demak Trenggana. 

Diketahui Meski telah jadi janda lantaran suaminya terbunuh, sosoknya dikenal sebagai seorang Adipati Jepara yang sakti, cantik dan berani melawan Portugis.

Ratu Kalinyamat memiliki nama asli Retna Kencana, putri Sultan Trenggono ini dinikahkan denan Pangeran Kalinyamat yang menurut berbagai versi, seorang saudagar asal Tiongkok. Namanya Win-Tang. 

Win-Tang yang kala itu terdampar di pantai Jepara dan akhirnya berguru pada Sunan Kudus.

BACA JUGA:Kece Abis! Ini Dia Square Bob Style dengan 6 Style Rambut Pendek Wanita Kekinian Lainnya

Sementara dalam versi lain, ada juga yang menyebut Pangeran Kalinyamat berasal dari Aceh dengan nama asli, Pangeran Toyib, putra Sultan Mughayat Syah, raja aceh di tahun 1514-1528.

Pangeran Toyib diceritakan berkelana hingga ke negeri Tiongkok dan diangkat menjadi anak seorang menteri Tjie Hwio Gwan. 

Kemudian merujuk dari beberapa sumber, nama Win-Tang adalah penyebutan dalam ejaan Jawa. Sementara, nama aslinya adalah Tjie Bin Thang.

Setelah itu, Win-Tang dan ayah angkatnya itu pindah ke Jawa dan mendirikan Desa Kalinyamat, saat ini berada dalam wilayah administratif Kecamatan Kalinyamatan.

BACA JUGA:Ternyata Inilah Suku-suku Yang Tertua di Papua Barat, Nomor 3 Paling Mendominasi!

Usai dinikahkan oleh Raja Trenggono yang memimpin Demak dari tahun 1521 hingga 1546, Retna Kencana pun mendapat julukan sebagai Ratu Kalinyamat.

Pangeran Kalinyamat yang otomatis menjadi keluarga kerajaan itupun mendapat gelar Pangeran Hadiri.

Kemudian, Ratu Kalinyamat dan suaminya dipercaya untuk memerintah Kadipaten Jepara. Ayah angkatnya, Tjie Hwio Gwan pun diangkat menjadi patih dengan gelar Sungging Badar Duwung yang mengajarkan seni ukir pada rakyat Jepara.

Ratu Kalinyamat merupakan sosok yang sakti, cerdas, berani, bijaksana, cantik dan berwibawa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarutara.id