5 Rekomendasi Makanan Pengganti Nasi untuk Penderita Asam Lambung

5 Rekomendasi Makanan Pengganti Nasi untuk Penderita Asam Lambung

5 Rekomendasi Makanan Pengganti Nasi untuk Penderita Asam Lambung -Foto: ist-

Selain itu, hindari memasak kentang dengan bawang merah atau bawang putih karena bisa memengaruhi refluks asam lambung.

3. Oatmeal

Oatmeal adalah makanan yang terbuat dari oat atau haver. Sumber karbohidrat ini memiliki kandungan serat yang tinggi. Konsumsi asupan tinggi serat dikaitkan dengan risiko kenaikan asam lambung yang lebih rendah. 

BACA JUGA:Waspada! ini Dia 5 Bahaya Makan Seafood Bagi Kesehatan Tubuh

Tak hanya itu, kandungan seratnya dapat membuatmu merasa kenyang lebih lama dan memberi energi yang cukup selama berjam-jam. 

Kamu bisa menambahkan buah segar ke dalam semangkuk oatmeal sebagai pelengkap. Namun, hindari bahan tambahan yang bisa memicu gejala, seperti buah sitrus, buah beri, gula, sirup, atau buah kering.

4. Beras cokelat

Beras cokelat termasuk dalam kelompok makanan pengganti nasi putih untuk penderita asam lambung. Makanan ini mengandung serat tinggi yang dapat membantu mengatur kinerja saluran cerna sekaligus menyehatkan jantung.

Sekitar 195 gram beras cokelat yang telah dimasak mengandung 3,51 gram serat. Beras ini juga tinggi vitamin B yang mampu menjaga tubuh tetap berenergi. 

BACA JUGA:Yuk Mengenal 6 Manfaat Buah Matoa yang Bagus untuk Kesehatan Hingga Kecantikan

Karbohidrat kompleks ini membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna daripada karbohidrat sederhana, sehingga baik untuk mengendalikan kadar asam lambung.

5. Roti gandum utuh

Jika tidak ingin makan nasi, penderita GERD juga bisa mengonsumsi roti yang terbuat dari gandum utuh atau biji-bijian utuh lainnya. Asupan tinggi serat dapat membantu menyehatkan pencernaan serta meredakan heartburn.

Bukan hanya serat, roti gandum utuh mengandung sejumlah nutrisi yang menyehatkan berupa vitamin B, magnesium, selenium, serta zinc. Namun hindari konsumsi roti putih karena rendah serat dan bisa memperburuk gejala GERD.

Sebuah studi dalam World Journal of Gastroenterology, melaporkan bahwa serat dalam roti biji-bijian utuh memiliki hubungan terbaik dengan gejala refluks asam. Ini berarti bahwa semakin banyak serat yang dikonsumsi, semakin sedikit gejala yang dialami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: