5 Rekomendasi Makanan Pengganti Nasi untuk Penderita Asam Lambung

5 Rekomendasi Makanan Pengganti Nasi untuk Penderita Asam Lambung

5 Rekomendasi Makanan Pengganti Nasi untuk Penderita Asam Lambung -Foto: ist-

PAGARALAMPOS.COM - Pernahkah Anda mengalami rasa panas dan perut di area perut dan sekitar dada? Jika ya, Anda mungkin mengalami penyakit asam lambung.

Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah gangguan kesehatan yang cukup sering menyerang orang dewasa.

Penyakit yang terjadi di organ lambung ini antara lain dapat menimbulkan nyeri ulu hati (heartburn), sensasi panas atau perih di dada hingga kerongkongan, termasuk rasa pahit dan asam muncul di pangkal tenggorokan.

Penyakit asam lambung naik atau GERD terjadi ketika asam lambung naik ke kerongkongan dan memicu gejala yang tidak nyaman, seperti heartburn, mual, muntah, serta batuk kronis.

BACA JUGA:5 Manfaat Sinar Matahari Bagi Kesehatan Tubuh dan Kulit

Agar terhindar dari kondisi ini, kamu bisa mencoba menyertakan beberapa makanan pengganti nasi untuk penderita asam lambung naik di bawah ini:

1. Quinoa

Quinoa adalah biji-bijian utuh yang tinggi serat. Sekitar 185 gram quinoa matang mengandung 5,18 gram serat yang bisa memenuhi 18% kebutuhan harian nutrisi tersebut.

Mengonsumsi makanan kaya serat, seperti quinoa, dapat membantu mendukung kesehatan pencernaan dengan mendorong buang air besar (BAB) secara teratur serta memicu pertumbuhan bakteri baik di usus.

Menggabungkan quinoa dengan makanan berprotein tinggi bisa membantu kamu merasa kenyang lebih lama, serta menjaga porsi makan tetap terkendali agar kenaikan asam lambung tidak memburuk.

BACA JUGA:Catat! Inilah Persiapan Sebelum Melakukan Meraton, Nomor 10 Sangat Wajib!

2. Kentang

Kentang kaya akan karbohidrat kompleks yang sehat dan serat yang mudah dicerna. Di dalamnya juga terdapat berbagai vitamin dan mineral.

Alih-alih konsumsi kentang goreng atau keripik kentang, sebaiknya pilihlah kentang yang dipanggang atau direbus. Mengonsumsi salah satu makanan pengganti nasi untuk penderita asam lambung ini juga bisa membuat rasa kenyang bertahan lebih lama sekaligus memberikan energi pada tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: