Berapa Lama Sih Batas Telat Haid? Yuk Simak Penjelasannya Disini

Berapa Lama Sih Batas Telat Haid? Yuk Simak Penjelasannya Disini

Berapa Lama Sih Batas Telat Haid? Yuk Simak Penjelasannya Disini -Foto: ist-

Untuk mengetahui kondisi tubuh dan kemungkinan penyebab telat haid, cobalah untuk melakukan pemeriksaan dengan dokter spesialis kebidanan kandungan atau Sp.OG.

Nantinya, dokter akan memberi petunjuk terkait hal apa saja yang perlu dilakukan saat mengalami telat haid.

Penting juga untuk mengetahui batas telat haid, sehingga tahu kapan harus pergi ke rumah sakit.

BACA JUGA:Ladies! Kamu Harus Tau, Inilah Perbedaan Sakit Pinggang Karena Haid dan Hamil

Jangan dibiarkan berlarut, sebab bisa jadi hal ini merupakan tanda penyakit. Jika telat haid terjadi karena kehamilan, penanganan juga perlu dilakukan segera untuk memastikan janin tumbuh dan berkembang dengan baik serta mengurangi risiko komplikasi kehamilan. 

Pemeriksaan ke dokter harus dilakukan jika telat haid terjadi dalam waktu yang tidak wajar, misalnya lebih dari 90 hari.

elain itu, segera lakukan pemeriksaan ke dokter jika siklus haid terjadi dengan tidak normal, pendarahan berlebihan, atau haid yang tiba-tiba berhenti.

Kamu mungkin juga akan mengalami gejala-gejala yang membuat tubuh tidak nyaman, maka dari itu penanganan medis perlu segera dilakukan.

BACA JUGA:Catat Nih! 5 Rekomendasi Olahraga yang Efektif Kurangi Nyeri Haid

Penyakit yang Bisa Memicu Telat Haid

Telat haid juga bisa disebabkan oleh penyakit, seperti sindrom ovarium polikistik (polycystic ovary syndrome/PCOS), penyakit kronis seperti gangguan hormon atau gula darah, serta masalah tiroid. Gangguan menstruasi bisa terjadi karena kelenjar tiroid tidak berfungsi dengan normal.

Kelenjar ini bertugas untuk mengatur metabolisme tubuh. Saat ada gangguan pada kelenjar tiroid, siklus menstruasi pun bisa terganggu. 

Ada beberapa gejala yang bisa dikenali sebagai tanda gangguan kelenjar tiroid. Misalnya seperti mudah merasa lelah, penurunan atau kenaikan berat badan yang terjadi dengan cepat dan berubah-ubah, rambut rontok, serta terlalu sensitif terhadap suhu panas atau dingin.

BACA JUGA:Kok Bisa Sering Keputihan Sebelum Haid? Yuk Simak 3 Penyebabnya

Meski begitu, gangguan ini bisa ditangani dengan pengobatan yang tepat atau operasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: