KEREN! Ini 5 Suku yang Mendiami Pulau Bali

KEREN! Ini 5 Suku yang Mendiami Pulau Bali

Ini 5 Suku yang Mendiami Pulau Bali-Ini 5 Suku yang Mendiami Pulau Bali-

BACA JUGA:Harapkan Tingkat Partisipasi Masyarakat Meningkat

Hal ini karena masyarakat Bali Aga juga dikenal hidup terisolasi di daerah pegunungan yang terikat pada adat istiadat setempat dan ritual-ritual tradisional. 

3. Suku Nyama Selam 

Suku Nyama Selam juga menjadi salah satu suku asli yang mendiami Pulau Bali. Nama Suku Nyama Selam berasal dari istilah "Nnyama" yang bermakna 'saudara' dan "Selam" yang berarti 'Islam'. 

Meskipun Suku Nyama Selam memeluk agama Islam, namun mereka juga menjalani tradisi kebudayaan Bali di kehidupan sehari-hari. Salah satu keunikan Suku Nyama Selam adalah tradisi Ngejot, yaitu tradisi saling membantu dan berbagi makanan ketika hari raya. 

BACA JUGA:Bosen Dengan Gaya Rambut Pixie Mu?, Coba Deh Beralih ke 8 Style Hair Cut Perempuan Ini Agar Tetap Cantik

4. Suku Bali Majapahit 

Suku Bali Majapahit adalah suku asli yang mendiami Pulau Bali yang berasal dari pendatang Jawa yang tinggal di Bali. 

Kedatangan mereka dipengaruhi oleh budaya Majapahit yang bertujuan mempersatukan masyarakat Majapahit di Bali. 

Masyarakat Suku Bali Majapahit menganut agama Hindu serta menghuni wilayah dataran rendah dan memiliki mata pencaharian bercocok tanam. 

BACA JUGA:Pagar Alam Telah Terapkan 2 Tilang! Manual dan ETLE

5. Suku Sasak 

Meski Suku Sasak merupakan suku bangsa yang mendiami pulau Lombok, namun beberapa kelompok Suku Sasak juga mendiami Pulau Bali. 

Dalam kesehariannya, Suku Sasak berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Sasak. Sebagian besar suku Sasak diketahui menganut agama Islam, dengan sebagian kecil masih menganut kepercayaan pra-Islam yang disebut dengan nama "Sasak Boda”. 

Selain kelima suku tersebut, masih ada masyarakat dari Suku Melayu, Suku Jawa, Suku Madura, Suku Batak, dan berbagai suku lain di Indonesia yang juga menghuni Pulau Bali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: