Catat! ini Dia 5 Penyebab Bisul dan Cara Mengobatinya

Catat! ini Dia 5 Penyebab Bisul dan Cara Mengobatinya

Catat! ini Dia 5 Penyebab Bisul dan Cara Mengobatinya -Foto: ist-

Seperti yang telah diketahui bahwa bisul muncul karena terjadinya infeksi akibat bakteri pada permukaan kulit. Munculnya bakteri ini bisa juga disebabkan karena tingkat kebersihan yang rendah. Kulit yang kotor ini juga tentu akan menjadi salah satu sumber perkembang biakan bakteri jahat.

5. Sistem Kekebalan Tubuh Melemah

Jika kamu mempunyai sistem kekebalan tubuh melemah maka akan gampang terserang berbagai penyakit yang mengganggu Kesehatan. Salah satunya yaitu akan terserang bakteri penyebab bisul yaitu Staphylococcus. Oleh karena itu, kamu perlu menjaga imun supaya tetap sehat dan mengonsumsi makanan sehat bergizi.

Cara Mengobati Bisul

Penyebab bisul sudah tahu, cara mencegahnya pun juga sudah dipaparkan di atas. Lalu bagaimana jika sudah terlanjur muncul bisul pada kulit. Apa yang harus dilakukan untuk mengobatinya supaya bisul nggak semakin parah?

1. Memanfaatkan Bubuk Kunyit

Bubuk kunyit juga dikenal ampuh bisa melawan bakteri dan sebagai anti inflamasi. Jika kamu sedang bisulan maka bubuk kunyit bisa dijadikan pilihan untuk mengobatinya. Pengobatan dengan ini bisa dilakukan dengan dioles atau diminum.

BACA JUGA:5 Manfaat Sinar Matahari Bagi Kesehatan Tubuh dan Kulit

2. Menggunakan Garam Epsom

Kamu bisa melarutkan garam Epsom atau magnesium sulfat kemudian oleskan pada bisul. Garam ini dianggap bisa mengeringkan bisul dan nanah. Lakukan cara ini setiap hari sebanyak 2 atau 3 kali sampai bisul mengempes.

3. Menggunakan Obat Bisul

Jika dengan cara di atas masih sulit hilang, maka alternatif selanjutnya yaitu dengan menggunakan obat bisul dari dokter. Bisa juga dengan Tindakan mengeluarkan nanah oleh dokter. Untuk obat yang direkomendasikan untuk bisul diantaranya yaitu obat antibiotik dan obat Pereda nyeri.

4. Kompres Air Hangat

Jika kamu merasa bisul mulai tumbuh di kulit maka segeralah untuk mengompres menggunakan air hangat. Lakukan sebanyak 3 kali dalam sehari untuk mengurangi rasa sakit sekaligus mendorong nanah agar berkumpul di puncak benjolan. Gunakan handuk bersih untuk mengompresnya.

5. Olesi Minyak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: