Catat! ini Dia 5 Penyebab Bisul dan Cara Mengobatinya

Catat! ini Dia 5 Penyebab Bisul dan Cara Mengobatinya

Catat! ini Dia 5 Penyebab Bisul dan Cara Mengobatinya -Foto: ist-

PAGARALAMAPOS.COM - Bisul merupakan infeksi pada jaringan kulit sehingga membuat kulit mengalami peradangan atau pembengkakan yang disebabkan oleh bakteri Staphylococcu Aureus yang biasa hidup di kulit, tenggorokan dan di dalam hidung.

Pada saat tubuh mengalami infeksi, mekanisme dalam tubuh akan mengirim sel darah putih untuk melawan infeksi. 

Sel-sel darah putih tersebut menyatu dengan jaringan yang rusak serta bakteri dalam satu tempat hingga menghasilkan cairan yang dikenal sebagai nanah.

Bisul dapat muncul di bagian tubuh mana pun, namun paling banyak ditemukan pada bagian punggung, leher, pantat, dan ketiak. 

BACA JUGA:Misteri Gunung Lawu, Keajaiban Spiritual di Puncak yang Dipenuhi Makam

Pada awal kemunculan, bisul tidak akan memberikan sensasi apa pun, namun saat bisul telah matang akan menimbulkan rasa gatal disertai nyeri. 

1. Sering Terpapar Bahan Kimia

Penyebab bisul yang berikutnya yaitu bisa juga disebabkan oleh terlalu seringnya terpapar bahan kimia atau kosmetik. Gejala akibat bahan kimia ini biasanya ditandai dengan munculnya benjolan merah pada permukaan kulit dan terasa gatal.

2. Makanan Berlemak

Nggak cuma bakteri saja yang bisa membuat munculnya bisul, namun makanan juga dapat menjadi salah satu faktor penyebabnya. Seperti makanan yang mengandung lemak dalam jumlah besar membuat folikel kulit lebih rentan terserang bakteri sebab mampu meningkatkan produksi hormone.

3. Mengkonsumsi Gula Berlebihan

Gula juga bisa menjadi salah satu penyebab bisul pada kulit. Kandungan gula tinggi bisa menyebabkan naiknya gula darah dan mengganggu kerja insulin. Kinerja insulin akan semakin berat kemudian memicu hormon untuk memproduksi minyak yang lebih banyak dari biasanya.

BACA JUGA:Jangan Sampe Gak Tau! 5 Suku Asal Sumatera ini Ternyata Keturunan Majapahit Loh

4. Kebersihan Kulit Kurang Diperhatikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: