Menjaga Hubungan Antara Manusia dengan Lingkungan Jangan Ngotori Ayek Ulu Tulung, Kele Kebendun!

 Menjaga Hubungan Antara Manusia dengan Lingkungan Jangan Ngotori Ayek Ulu Tulung, Kele Kebendun!

Adat Suku Besemah yang Masih Diterapkan Hingga Kini, Simak Penjelasan Para Pakar - Foto: dok/Pagaralampos.com/ilustrasi--istimewa

Selanjutnya ada juga adat yang mengatur tata kerama memanggil orang yang lebih tua apalagi itu adalah ayah, ibu maupun kakek dan nenek. “Tidak diperkenankan memanggil orangtua dengan menyebutkan namanya,”ujar dia.

Pelanggaran terhadap adat itu pun akan terancam kena sanksi yang berat, mulai dari kebendun, tulahan, pemali, dan mentarang.

Karena itu Satar mewanti-wanti, jangan sampai adat tersebut-meskipun tak tertulis- dilanggar.  Dia berharap, adat istiadat Besemah dapat dijaga agar jangan sampai hilang.

Sementara itu, Pemerhati Budaya Besemah Asmadi menyatakan, banyak sekali aturan atau adat istiadat di Besemah yang mengatur hubungan manusia dengan manusia. Beberapa adat tersebut dicontohkannya menganai tutughan –tata krama memanggil, singkuh  dan sundi.

BACA JUGA:MENGEJUTKAN! Selain Keturunan Majapahit, Ternyata Suku Besemah Memiliki Sebuah Kerajaan Yang Besar

“Yang paling perlu diperhatikan adalah singkuh dan sundi. Sebab, adat ini mulai dilupakan,”ujar Madi Lany-sapaan Asmadi, ketika dihubungi Pagaralam Pos kemarin. Diakui Mady, aturan-aturan ini jarang yang berbentuk tertulis. (11)

 
Sirap Malam Jangan Ngeluagh
 
Adat istiadat Besemah juga berkaitan dengan pergantian waktu. Ini dapat dilihat dengan adanya larangan ke luar rumah ketika sirap malam (jelang Maghrib) dan abe-abe siang (jelang matahari terbit). 

Menurut Satar, larangan ini dapat dimaklumi, lantaran saat memasuki waktu Maghrib dan jelang matahari terbit, merupakan saat tumbuh-tumbuhan mengeluarkan gas karbon dioksida (CO2).  Gas ini tidak baik untuk kesehatan tubuh manusia.

“Makanya orangtua-orangtua dulu sering bilang, jangan ke luar rumah saat sirap malam,”ujar Satar. Selain itu, saat tengaghi kuning-ketika posisi matahari berada persis di atas kepala- diharuskan untuk segera menghentikan aktivitas di luar rumah. Bila sedang berada di kebun maupun sawah, segeralah beristirahat sebentar.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: