Beginilah Aturan Adat Pernikahan ala Korea dari Mahar Angsa hingga Minum Anggur

Beginilah Aturan Adat Pernikahan ala Korea dari Mahar Angsa hingga Minum Anggur

Beginilah Aturan Adat Pernikahan ala Korea dari Mahar Angsa hingga Minum Anggur-Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Semenjak maraknya invasi kebudayaan populer Korea Selatan atau yang sering disebut K-Pop Invasion, berbagai hal yang berkaitan dengan negara yang satu ini menjadi banyak diadaptasi.

Makanya tak heran jika belakangan banyak ditemukan hal unik berkaitan dengan K-Pop di hajatan seperti pernikahan, mulai dari tarian girl band yang ditiru untuk memeriahkan acara hingga seserahan berupa album BTS.

Namun, budaya Korea dalam pernikahan ini kebanyakan masih dipadukan dengan konsep adat di Indonesia atau internasional.

Dilansir dari Runaway Juno dan beberapa sumber lainnya, tradisi pernikahan di Korea Selatan sendiri ternyata juga tak kalah rumitnya dengan pernikahan adat di Indonesia lo. Tapi ingat, ini adalah pernikahan adat tempo dulu, yang mungkin akan sedikit berbeda dengan sekarang yang lebih modern, bahkan ada yang menikah secara negara (dan agama) saja.

BACA JUGA:Sosok Firaun Menkaure dalam Sejarah Mesir Kuno

BACA JUGA:Eksplorasi Kebudayaan dan Sejarah Kesultanan Deli di Sumatera Utara

Penggemar drama dan budaya Korea? Yuk memahami aturan adat pernikahan a la Korea, terutama bagi kamu yang berencana menikah dengan orang Korea.

Setiap daerah punya tradisi dalam menjalankan pernikahan. Begitu pula dengan negara Korea yang memiliki upacara adat tersendiri.

Dalam aturan adat pernikahan a la Korea, kamu mungkin perlu melakukan berbagai prosesi, mulai dari tarian, upacara pemberian hadiah hingga sungkeman kepada kedua orangtua. Meski tidak sulit dilakukan namun perlu mengikuti aturan adat pernikahan a la Korea jika berencana menikah dengan kekasih asal negeri gingseng tersebut.

Belum memahami aturan adat pernikahan a la Korea? Berikut step by step upacara pernikahan adat ala Korea:

BACA JUGA:Mengenal Peradaban Zaman Megalitikum, Jejak Prasejarah yang Menyimpan Warisan Budaya

BACA JUGA:Zubair Bin Awwam: Teladan Keberanian dan Kesetiaan dalam Sejarah Islam

1. Tarian sebelum nikah

Seperti halnya adat Jawa yang mungkin diiringi tarian sebelum pasangan pengantin masuk ke pelaminan saat resepsi, aturan adat pernikahan a la Korea juga demikian. Hanya saja yang dipersembahkan tarian Korea.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: