BESEMAH! Satu Dari 12 Suku Yang Ada di Sumsel, Ternyata Suku Besemah Menolak Tunduk Kepada Penjajah

BESEMAH! Satu Dari 12 Suku Yang Ada di Sumsel, Ternyata Suku Besemah Menolak Tunduk Kepada Penjajah

besemah atau pasemah salsah satu suku di Sumsel-Kolase-Berbagai Sumber

Tanah kekuasaan Besemah yang dulu membentang dari Bengkulu hingga ke Semendo juga kini telah dipecah menjadi beberapa wilayah administratif dari beberapa provinsi di Sumbagsel, seperti Bengkulu dan Lampung. 

Kini tanah yang kerap disebut Bumi Besemah hanya meliputi Kabupaten Lahat dan Kota Pagaralam yang memang berada dekat dengan Bukit Barisan dan Gunung Dempo.

Walau tak sejaya masa dahulu, Pagar Alam dan Lahat kini tetap jaya dengan caranya sendiri. Lahat memiliki sebutan lain, yaitu “Bumi 1000 Megalit”, karena kekayaan alam dan peninggalan arkeologinya. 

Setidaknya terdapat 76 air terjun di Lahat yang sudah ditemukan  hingga saat ini. Selain itu, Lahat juga kerap menjadi wisata favorit karena keberadaan Bukit Telunjuk yang melegenda. 

Sementara Pagaralam, siapa lagi yang tidak tahu? Eksotisme Gunung Dempo bukan hanya menghadirkan tantangan bagi para pendaki gunung, tapi juga kemakmuran bagi masyarakat yang bermukim di kakinya. 

Tanah di kaki Gunung Dempo yang subur berhasil menjadikan Pagaralam sebagai produsen sayuran segar dan teh terbaik di Sumsel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: