BESEMAH! Satu Dari 12 Suku Yang Ada di Sumsel, Ternyata Suku Besemah Menolak Tunduk Kepada Penjajah

BESEMAH! Satu Dari 12 Suku Yang Ada di Sumsel, Ternyata Suku Besemah Menolak Tunduk Kepada Penjajah

besemah atau pasemah salsah satu suku di Sumsel-Kolase-Berbagai Sumber

PAGARALAMPOS.COM - Pada generasi kesepuluhnya, Jagat Besemah dipimpin oleh Ratu Singa Bekurung. Setelah bertetangga untuk waktu yang sangat lama dengan Kerajaan Palembang, Jagat Besemah akhirnya menyatukan diri dengan Kerajaan Palembang pada masa kepemimpinan Singa Bekurung. 

Ia mengutus depatinya untuk menghadap Ratu Sinuhun, istri Pangeran Sido Ing Kenayan yang pada masa itu merupakan Raja Palembang. 

Dengan demikian, Jagat Besemah menggabungkan dirinya ke dalam Kerajaan Palembang atas kehendak rajanya, bukan karena ditaklukkan. 

Hal tersebut tampak dari pewarisan gelar ‘ratu’ yang terus berlangsung hingga masa raja Jagat Besemah yang ke-12, meski Jagat Besemah sudah berada di bawah kekuasaan Palembang.

BACA JUGA:5 Suku Asli Yang Ada di Provinsi Sumatera Selatan, Nomor 1 Merupakan Keturunan Majapahit

Permusuhan Jeme Besemah dan Bangsa Penjajah


Ilustrasi--

Bersatunya Jagat Besemah dan Palembang tentu berpengaruh terhadap kondisi geopolitik di tanah warisan Kerajaan Sriwijaya tersebut.

Ketika Belanda menduduki Palembang pada tahun 1821, Jagat Besemah tidak ikut tunduk pada Belanda. 

Bahkan jeme besemah, sebutan untuk masyarakat penghuni Bumi Besemah, melakukan perlawanan yang keras saat Belanda hendak menginvasi Bumi Besemah. 

Perlawanan tersebut bahkan tercatat sebagai perlawanan terhadap Belanda yang berlangsung paling lama pada abad ke-19 di Sumatera Selatan, yaitu selama 50 tahun. 

BACA JUGA:Yuk Mengenal 5 Suku Asli yang Ada di Provinsi Sumatera Selatan, Salah Satunya Suku Pasemah


--

Belanda kewalahan dalam menaklukkan Besemah karena topografi Bumi Besemah sama sekali berbeda dengan Palembang yang berupa rawa-rawa. Selain itu, Bukit Barisan dan Gunung Dempo turut menjadi benteng alami jeme besemah dalam menghalau Belanda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: