Wajib Tahu: 6 Fakta dan Mitos Tentang Pemutih Kulit yang Perlu Kamu Ketahu

Wajib Tahu: 6 Fakta dan Mitos Tentang Pemutih Kulit yang Perlu Kamu Ketahu

Wajib Tahu: 6 Fakta dan Mitos Tentang Pemutih Kulit yang Perlu Kamu Ketahu-Foto: net-

4. Pemutih Kulit Aman Dipakai Saat Beraktivitas di Luar Ruangan

Ini belum tentu benar, sebab beberapa produk pemutih kulit mengandung zat aktif seperti AHA dan asam kojic yang dapat menyebabkan iritasi dan membuat kulit sensitif terhadap sinar matahari. Tetap gunakan tabir surya dengan minimal SPF 30 saat menggunakan pemutih kulit dan beraktivitas di siang hari.

Tabir surya melindungi kulit dari radiasi sinar UV yang dapat menyebabkan penuaan dini dan kanker kulit. Selain itu, gunakan pelindung lain seperti topi, kacamata hitam, dan payung.

BACA JUGA:Rahasia Kesehatan Ikan Tuna yang Belum Banyak Diketahui!

BACA JUGA:Mengapa Lavender Layak Diperhitungkan? 5 Manfaat Kesehatan yang Jarang Disadari

5. Produk Pemutih Kulit yang Mahal Pasti Lebih Bagus

Ini adalah mitos. Produk pemutih kulit yang mahal belum tentu lebih baik daripada produk yang lebih murah. Kandungan setiap produk pemutih kulit hampir sama, dan efektivitasnya bergantung pada kecocokan produk dengan jenis kulit pengguna.

6. Semakin Banyak Jenis Kandungan Pemutih Kulit yang Dipakai, Akan Semakin Baik

Hal ini tidak selalu benar. Beberapa zat dalam produk pemutih kulit tidak dapat bekerja efektif atau malah berisiko menyebabkan iritasi saat digunakan bersamaan. Misalnya, mengombinasikan retinoid dan AHA.

Keduanya dapat membuat kulit tampak lebih cerah, tetapi penggunaan bersamaan dapat menyebabkan kulit kering dan iritasi. Jika ingin menggunakan produk tersebut, sebaiknya gunakan secara bergantian dan hentikan bila muncul masalah seperti iritasi atau kemerahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: