Pemilu 2024, Banyak Bacaleg Mantan Birokrat, Ada Apa?

Pemilu 2024, Banyak Bacaleg Mantan Birokrat, Ada Apa?

Pemilu 2024, Banyak Bacaleg Mantan Birokrat, Ada Apa?--

PAGARALAMPOS.COM – Pemilu 2024, Banyak Bacaleg Mantan Birokrat, Ada Apa.
 
Pemilu tahun 2024 diprediksi banyak dari eks atau mantan birokrat, hal ini menimbulkan berbagai pertanyaan masyarakat.
 
Para bakal calon legislatif (bacaleg)  yang akan maju mengincar kursi DPRD berasal dari beragam profesi. Juga latar belajar. Seperti di Kabupaten Muratara. Banyak mantan birokat dan kepala desa (kades) yang terjun ke politik.

Dua latar belakang itu dianggap mampu mendulang suara yang cukup banyak saat pemilihan. Mereka memiliki simpatisan dan dianggap menguasai peta pemilihan. Khoiril, warga Muratara mengungkapkan, saat ini sudah cukup banyak nama-nama pejabat populer di Muratara yang diprediksi maju dalam Pileg 2024.
 
 
Di antaranya, Kepala BKPSDM Muratara Alha Warimzi, Kepala DPMPD Hj Gusti Rohmani. Kemudian, Kepala Kantor Kemenag Muratara H Iksan Baidjuri, mantan Kasat Pol PP H Samsu Anwar, mantan Camat Karang Jaya Fuad. Juga, mantan Kasat Pol PP Firdaus, mantan Kades Terusan M Iksan, mantan Kades Muara Batang Empu Budi, mantan Bupati Muratara H Syarif Hidayat, dan masih banyak lainnya.

 “Anggota DPRD profesi sangat menjanjikan, karena itu jadi incaran banyak orang,” katanya.  Untuk menjadi anggota DPRD di Kabupaten Muratara paling harus meraih 2.000-3.000 suara. Di DPRD Muratara ada 25 kursi, Dengan jumlah mata pilih sekitar 144.382 orang.
 
Dapil 1 Kecamatan Rupit-Karang Dapo 7 kursi, Dapil II Kecamatan Karang Jaya 4 kursi, Dapil 3 Rawas Ulu-Ulu Rawas 6 kursi, dan Dapil 4 Kecamatan Rawas Ilir-Nibung 7 kursi. Komisioner KPUD Muratara Ardiyanto, mengungkapkan, waktu pendaftaran caleg DPD dan DPR RI, juga DPRD provinsi/kabupaten/kota 1-14 Mei 2023.

Di Empat Lawang, mantan kades, pensiunan ASN, LSM, dan mantan anggota DPRD bakal mewarnai Pileg 2024. Mereka akan bersaing merebut hati masyarakat. Belum lagi kalangan incumbent juga banyak yang bakal mencalonkan dirinya kembali.
 
BACA JUGA:3 Anggota KKB Akui Pembunuhan Warga Toraja, Polres Yahukimo Tetapkan Tersangka

Ali Usman, salah satu anggota LSM dan media mengatakan, dirinya akan mencalonkan diri dalam Pileg 2024 nanti.

“Sebelumnya sudah pernah maju, tapi belum berhasil. Kali ini mohon dukungannya. Rencana maju di dapil 1 Tebing Tinggi – Saling,” kata pria yang juga Sekretaris DPC Partai Hanura Kabupaten Empat Lawang.
 
Untuk bisa terpilih jadi anggota DPRD Empat Lawang, minimal harus dapat 2.300 suara pemilih. “Kalau meraih suara sebanyak itu, sebenarnya masih belum aman. Kalau ingin aman, raih 3.000 suara,” jelasnya.

Sekretaris DPC Partai Gerindra Kota Palembang, Abdullah Taufik mengungkapkan, siapa pun bakal caleg yang ingin maju akan diterima. Namun, untuk menjadi caleg Gerindra, harus mengikuti seleksi dan penjaringan.
 
Untuk jejak dari para bakal caleg beragam. Mulai pengusaha, politisi, praktisi hingga ke pensiunan BUMN dan  ASN.  “Bagi mereka yang akan maju di Partai Gerindra harus lolos seleksi dan fit and proper test dulu,” tambahnya.

Target Gerindra Palembang, dapat 10 kursi pada Pileg 2024  nanti. “Karena kita punya peluang untuk meraih target. Kami bidik tambahan kursi di dapil IV dan VI,” tuturnya.

 Ketua DPW Perindo Sumsel, Febuar Rahman menyambut positif para birokrat yang akan maju dalam Pileg 2024.

Minimal mereka telah banyak pengalaman dalam mengurusi kepentingan masyarakat selama ini. “Mereka lebih tahu apa yang harus diperjuangkan dan dibutuhkan masyarakat,” kata Februar.
 
Untuk kader Perindo, sekitar 20-30 persen sudah disiapkan untuk mengisi peluang caleg kabupaten/Kota di Sumsel. “Kita mengharapkan dengan pengalaman masing-masing bakal caleg mereka lebih tahu yang dibutuhkan masyarakat,” tukasnya.
 
PDI Perjuangan Sumsel telah menyiapkan semua kadernya yang akan maju jadi caleg di DPRD provinsi maupun kabupaten/kota. “Untuk DPR RI, itu kewenangan pengurus pusat,” kata Ketua DPD PDI Perjuangan Sumsel, HM Giri Ramanda N Kiemas.

Target PDI Perjuangan, meraih 20 persen suara pemilih di Sumsel. Persiapan juga sudah dilakukan Nasdem.

Koordinator Wilayah Sumatera III Partai Nasdem, Fauzi Amro berharap  Nasdem mampu meraih 13-15 kursi di DPRD Sumsel.
 
BACA JUGA:Tanda Kiamat Sudah Dekat? Ini Penjelasan Ustadz Adi Hidayat, Siapkan Diri Anda!

Sedangkan untuk DPR RI, Nasdem Sumsel menargetkan 5 kursi. Partai Golongan Karya, melalui Sekretaris DPD Golkar Provinsi Sumatera Selatan, Andie Diniealdi, mengatakan pihaknya sudah menyiapkan bacaleg dari jauh-jauh hari.
 
“Mulai 25 April kemarin, kita sudah menyiapkan berkas,” bebernya. Ketua DPD Demokrat Cik Ujang berharap dapat mengembalikan kejayaan Partai Demokrat di Sumsel dalam Pemilu 2024. Sementara, Sekretaris PAN Joncik Muhammad berusaha meraih banyak suara dengan menggaet kaum millennial.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) targetnya mempertahankan kursi yang ada. “Pada tingkat nasional dapat menambah kursi di Senayan,” kata Ketua PKB Sumsel, Ramlan Holdan. Terpisah, Ketua DPD Partai Hanura Ahmad Al Azhar  mengatakan, pihaknya juga sudah menyiapkan nama-nama serta tokoh yang dikenal masyarakat sebagai bakal caleg.
 
Ketua DPW PKS, Muhammad Toha, juga menjelaskan pihaknya sudah mempersiapkan bakal caleg untuk menyongsong Pemilu 2024 mendatang. “Alhamdulillah semuanya sudah siap, tinggal ikut dalam kontestasi ke depan,” jelasnya.
 

Ketua DPW Partai Bulan Bintang, Ir Armansyah. M.Si., mengatakan PBB sendiri berharap dapat meraih sebanyak 4 persen suara  di Sumsel. Sedangkan Ketua DPW Partai Ummat Sumel, Dr Nico Pransisko berharap dari setiap dapil bisa meraih 1 kursi. Sedangkan DPR RI targetnya 2 kursi.
 
Ketua DPD Partai Buruh, Ali Hanafiah menegaskan, pihaknya siap meraih kursi di tingkat kabupaten, kota dan provinsi. Ketua DPD Partai Garuda Sumsel, Dolmar J Darmajaya mengatakan meski partainya termasuk pendatang baru, namun pihaknya optimis dapat meraih kursi di legislatif.(zul/eno/afi/yud/iol/)
 
Berita ini sudah trebit di Harian Sumatera ekspres dengan judul Banyak Bacaleg Mantan Birokrat*
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: