Kopi Brazil Miliki Karakterisitk Ketinggian Sama dengan di Pagar Alam

Kopi Brazil Miliki Karakterisitk Ketinggian Sama dengan di Pagar Alam

Dikenal dengan perkebunan Fazenda Santa Inês, kopi di perkebunan ini ditanam di wilayah berketinggian sekitar 1.150 meter diatas permukaan laut. 

BACA JUGA:10 Daerah Penghasil Kopi Terbaik di Indonesia

Persisnya di pegunungan Chapada Diamantina di Bahia, bagian utara Brazil. Perkebunan didataran tinggi ini sudah berdiri sejak tahun 1984 dan memiliki fasilitas processing kopinya sendiri. 

Hasil kopinya ideal dan besarnya seimbang dengan kacang hazelnut dengan rasa menyerupai susu cokelat. 

Proses produksinya dilakukan secara manual dengan tangan sehingga hanya biji kopi terbaiklah yang dipanen dan diolah. Penjemuran biji kopi langsung mengandalkan sinar matahari lalu dikeringkan dengan pengering guardiola untuk selanjutnya dikemas. 

Karakteristik wilayah budidaya kopi Brazil ternyata hampir mirip di Pagar Alam. Juga mendominasi dikembangkan di daerah dataran tinggi. Bisa dikatakan Kopi Pagaralam berada di dataran tinggi.

Baik itu tersebar di kaki Gunung Dempo. Juga diperbukitan yang masih dalam gugusan bukit barisan pulau Sumatera.

Sehingga citarasa Kopi Pagar Alam juga terbaik dan memiliki ciri khas tersendiri. “Sebaran budidayanya  mendominasi di dataran tinggi, masa panenya lebih belakangan dibandingkan di dataran rendah,” ucak Didek Bakri salahsatu petani Kopi dataran tinggi di Pagar Alam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: