10 Daerah Penghasil Kopi Terbaik di Indonesia

10 Daerah Penghasil Kopi Terbaik di Indonesia

 

Daerah Penghasil Kopi di Indonesia - Bagi banyak orang, Kopi adalah salah satu minuman yang wajib dikonsumsi. Kopi terbukti dapat meningkatkan konsentrasi dan membuat lebih bersemangat saat bekerja. Tapi tahukah kamu, tanaman Kopi tidak bisa tumbuh di sembarang tempat?

Pertumbuhan tanaman kopi sangat dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya seperti iklim, ketinggian daerah, curah hujan, serta kondisi angin. Oleh sebab itu, tanaman kopi sangat cocok tumbuh di negara tropis seperti Indonesia.

Awalnya, biji kopi dibawa oleh Belanda ke Indonesia, tepatnya di Kedawung, dan ternyata tanaman kopi Indonesia sangat diminati di Eropa. Akhirnya, biji kopi dikirim ke daerah lain di Indonesia agar bisa diberdayakan.

Kalau kamu penasaran apa saja daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia, simak daftarnya di bawah ini ya!

 

1 Aceh

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan kota istimewa yang satu ini. Kopi khas Aceh sudah mendunia dan tradisi minum kopi memang sangat kuat di sini. Kopi yang terkenal adalah kopi Gayo yang berasal dari daerah Gayo.

Kopi ini termasuk ke dalam jenis kopi arabika yang memiliki rasa asam, body atau kekentalan ringan, serta profil aroma yang unik. Tak heran, kopi Gayo pernah dinobatkan sebagai kopi arabika no.1 di dunia.

BACA JUGA:Jaga Kualitas Kopi Petik Merah

2. Lampung

Selain Aceh, Lampung tepatnya di Lampung Barat juga merupakan salah satu daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia. Biji kopinya tumbuh di ketinggian 800 mdpl. Jenis kopi yang populer adalah robusta, dengan bubuk kopi yang halus dan aroma yang khas. Biji kopinya diolah dengan cara dry processing sehingga karakteristiknya sangat kuat.

Kopi ini memiliki aroma coklat dan rempah-rempah. Setelah minum, akan terasa aftertaste yang seperti kacang-kacangan, sedikit manis seperti karamel, dan agak pahit seperti kakao. 

3. Bengkulu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: