Kopi Brazil Miliki Karakterisitk Ketinggian Sama dengan di Pagar Alam

Kopi Brazil Miliki Karakterisitk Ketinggian Sama dengan di Pagar Alam

BRAZIL, PAGARALAMPOS.COM - BRAZIL merupakan negara penghasil kopi terbesar di dunia. Hasil panen kopi yang melimpah membuat BRAZIL mampu mendominasi pasar ekspor sejak tahun 1830.

Bahkan hingga saat ini pangsa pasarnya mencapai 30% dari total perdagangan kopi global. 

Wilayah pertanian kopi di Brazil yang paling besar terdapat di Sao Paulo dan Parana. 

Terutama di Sao Paulo, daerah ini menjadi kaya dan besar akibat dari berhasilnya industrialisasi yang dilakukan dengan keuntungan dari produksi kopi disana. 

BACA JUGA:Kopi Pagaralam Tembus ke Pasar Internasional, Ini Alasanya!

Ketinggian wilayah pertanian kopi di Brazil mulai dari 550 m hingga 1.350 m sangat cocok untuk menanam kopi. Sebagian besar kopi yang diproduksi di Brazil adalah kopi arabika dengan masa panen yang cukup panjang yaitu mulai dari Mei sampai September.

Bagaimana sejarah kopi Brazil? Pada abad ke-19, Brazil dikenal sebagai negara penghasil kopi sedangkan Amerika Serikat sebagai negara yang mengkonsumsi kopi. 

Brazil memiliki lahan subur dan banyak impor budak Afrika sehingga mampu menurunkan harga kopi dunia karena biaya produksi yang dikeluarkan dapat ditekan. 

Ekonomi Brazil yang sebelumnya digantungkan pada produksi gula di daerah Timur Laut akhirnya bergeser pada produksi kopi di daerah Selatan, masih dengan tenaga budak.

BACA JUGA:Kembangkan Perkebunan Kopi Organik di Rempasai

Sebaran budidaya tanaman kopi, yakni Fazenda merupakan wilayah perkebunan kopi yang masih menggunakan cara tradisional dalam menanam dan mengolah kopinya. 

Terletak di bagian timur laut negara Brazil, Fazenda yang pada tahun 1850 menghasilkan separuh dari kopi ekspor Brazil konsisten memproduksi kopi secara organik. 

Kopi yang dihasilkannya memiliki rasa dan aroma berry serta manis khas karamel lembut hingga tetes terakhir karena sesekali disiram dengan susu. 

Sehingga tidak kaget harga kopinya dibanderol sekitar Rp 650.000/500gram dengan varietas Arabica Yellow Bourbon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: