Jangan Sampai Kemakan! Inilah 9 Daftar Makanan Haram Dengan Penyebab Serta Jenisnya Dalam Islam

Jangan Sampai Kemakan! Inilah 9 Daftar Makanan Haram Dengan Penyebab Serta Jenisnya Dalam Islam

Jangan Sampai Kemakan! Inilah 9 Daftar Makanan Haram Dengan Penyebab Serta Jenisnya Dalam Islam-tangkapan layar-

Artinya:

"Wahai manusia! Makanlah dari (makanan) yang halal dan baik yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan. Sungguh, setan itu musuh yang nyata bagimu."

BACA JUGA:The Haunting of Hill House, Tragedi dalam Rumah di Atas Bukit

Jenis Makanan Haram dan Penyebabnya:

1. Bangkai (Al- Maitah)

Makanan haram dalam agama Islam yang pertama adalah bangkai. Sebagaimana yang dijelaskan pada Alquran Surat Al- Maidah ayat 3, yang artinya:

“Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala.”

Lalu jika sebelum hewan tersebut mati kamu sempat menyembelihnya maka bisa halal dan juga bisa haram. Dikatakan haram apabila hewan tersebut disembelih atas nama selain Allah SWT.

Akan tetapi Islam memberikan pengecualian terhadap 2 bangkai, yaitu ikan dan belalang, dimana bangkai dari kedua hewan tersebut adalah halal hukumnya. Hal ini sesuai dengan Sabda Rosulullah SAW:

Artinya “Kami dihalalkan dua bangkai dan darah. Adapun dua bangkai tersebut adalah ikan dan belalang. Sedangkan dua darah tersebut adalah hati dan limpa.” (HR. Ibnu Majah).

BACA JUGA:7 Mahasiswa Asal Pagar Alam Terjebak di Perang Sudan, Ada yang Tahu?

2. Babi

Makanan haram dalam agama Islam berikutnya merujuk pada sural Al-Maidah ayat 3, yakni babi termasuk ke dalam salah satu makanan dan minuman haram. Tidak hanya dagingnya saja yang diharamkan, akan tetapi seluruh bagian dari tubuh babi yang diolah baik dalam bentuk makanan maupun produk lainnya diharamkan untuk dikonsumsi dan dipergunakan.

3. Hewan yang Disembelih atas Nama Selain Allah SWT

Dalam beberapa ayat Alquran seperti Surat Al- Maidah ayat 3 dan Surat Al- Baqarah ayat 173 telah menyebutkan bahwasannya hewan yang disembelih atas nama selain Allah hukumnya adalah haram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: merdeka.com