Jangan Sampai Kemakan! Inilah 9 Daftar Makanan Haram Dengan Penyebab Serta Jenisnya Dalam Islam

Jangan Sampai Kemakan! Inilah 9 Daftar Makanan Haram Dengan Penyebab Serta Jenisnya Dalam Islam

Jangan Sampai Kemakan! Inilah 9 Daftar Makanan Haram Dengan Penyebab Serta Jenisnya Dalam Islam-tangkapan layar-

PAGARALAMPOS.COM, Pagar Alam -  Seperti yang diketahui bahwa Manusia memiliki kebutuhan primer. Salah satu kebutuhan primer manusia adalah makanan. Hidup manusia akan terancam jika tidak makan dalam jangka waktu tertentu.

Maka dari itu pemenuhan kebutuhan manusia terhadap makan berkaitan erat dengan pemeliharaan jiwa, pemeliharaan akal, dan pemeliharaan harta.

Nah, dalam ajaran agama Islam, makanan yang dikonsumsi manusia khususnya umat Islam tidaklah bersifat bebas, melainkan harus selektif yakni halal sesuai petunjuk Allah dalam Alquran dan Hadist, serta baik, sehat.

BACA JUGA:Apa! Setelah Idul Fitri Ada Tradisi Syawalan? Simak Maknanya Dalam Islam

Menurut Quraish Shihab makanan halal adalah makanan yang tidak haram, yakni yang tidak tidak dilarang oleh agama memakannya. Sedangkan makanan haram adalah kebalikannya, yakni dilarang oleh agama memakannya. Makanan haram ada dua macam yaitu haram karena zatnya seperti babi, bangkai dan darah.

Sedangkan yang haram karena sesuatu bukan dari zatnya seperti makanan yang tidak diizinkan oleh pemiliknya untuk dimakan atau digunakan. Makanan yang halal adalah yang bukan termasuk kedua macam ini.

BACA JUGA:Ini 7 Nama Mahasiswa Asal Pagar Alam yang Terjebak di Perang Sudan, Ada Perempuanya?

Agar tidak keliru memahami makanan apa saja yang termasuk haram dan yang halal. Maka simaklah informasi berikut ini mengenai makanan haram dalam agama Islam. berikut telah dirangkum oleh Pagaralampos.com Daftar Makanan Haram Dengan Penyebab Serta Jenisnya Dalam Islam.

Perintah untuk Tidak Mengonsumsi Makanan Haram

Makanan merupakan sumber protein yang berguna bagi manusia, yang berasal dari hewan disebut protein hewani dan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan disebut protein nabati. Semuanya merupakan karunia Allah kepada manusia. 

Namun demikian, sesuai dengan ajaran Islam, maka kita perlu selektif memilih makanan karena ada yang bersifat halal ada pula yang bersifat haram.

BACA JUGA:Hah! Kok Bisa Telat Haid 1 Bulan? Yuk Simak 8 Penyebabnya Disini

Meskipun demikian, kenyataannya masih banyak umat Islam di Indonesia yang belum memiliki kesadaran penuh terkait perintah untuk tidak mengonsumsi makanan haram. Padahal telah diuraikan secara jelas mengenai anjuran mengonsumsi makanan yang halal yang terdapat pada ayat 168 al-Baqarah, yaitu berikut ini:

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ كُلُوْا مِمَّا فِى الْاَرْضِ حَلٰلًا طَيِّبًا ۖوَّلَا تَتَّبِعُوْا خُطُوٰتِ الشَّيْطٰنِۗ اِنَّهٗ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِيْنٌ

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: merdeka.com