10 Daerah Penghasil Kopi Terbaik di Indonesia

10 Daerah Penghasil Kopi Terbaik di Indonesia

Setahun sebelum pandemi, Bengkulu adalah penghasil kopi paling banyak. Bahkan sudah menyumbang komoditi ekspor 70%. Bengkulu memiliki perkebunan kopi sangat luas yaitu sekitar 95 hektar dan didominasi oleh kebun kopi robusta dan sisanya adalah arabika.

4. Mandailing

Masih dari pulau Sumatera, salah satu daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia adalah Mandailing. Perkebunan kopi di Mandailing sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda dan masih ada hingga saat ini.

Berbeda dengan kopi Gayo yang memiliki rasa cenderung asam, kopi Mandailing memiliki rasa manis yang khas dengan tingkat keasaman rendah. Aromanya pun unik, seperti wangi buah dan floral. Oleh sebab itu, kopi Mandailing umum digunakan untuk house blend di kedai kopi.

BACA JUGA:Kembangkan Perkebunan Kopi Organik di Rempasai

5.Sidiakalang

Satu lagi daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia yang berada di Pulau Sumatera adalah Sidikalang. Berada di kawasan Bukit Barisan dengan udara yang sejuk dan tanah yang subur, daerah ini menghasilkan biji kopi robusta terbaik.

Pada umumnya, cara pengolahannya secara kering. Rasanya mirip coklat dengan sedikit rasa manis dan tingkat keasaman rendah sehingga cukup aman jika sesekali dikonsumsi oleh kamu yang memiliki masalah lambung. Selain itu, kopi Sidikalang juga dikenal memiliki long aftertaste yang artinya rasa kopi akan bertahan cukup lama di mulut.

Sayangnya, saat ini petani kopi di Sidikalang sudah mulai beralih menanam biji kopi arabika dibandingkan dengan robusta karena permintaan biji kopi arabika yang tinggi di kalangan masyarakat.

6. Toraja

Bicara soal daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia, tentu kita tak bisa melewatkan Toraja. Biji kopi yang berasal dari dataran tinggi sekitar 1400 mdpl di Sulawesi Selatan ini memiliki rasa seperti buah-buahan.

Selain itu, yang menjadi ciri kopi ini adalah terdapat sensasi pahit di ujung lidah saat disesap, tidak terlalu asam, body yang berat, dan aroma yang earthy. Karakter kopi ini bisa dibilang menyerupai rempah-rempah. Meskipun begitu, aftertaste nya lembut dan halus.

BACA JUGA:KSM Binaan Dilatih Peningkatan Kualitas Greenbin Kopi

7. Flores

Berbeda dengan daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia lainnya, Flores berada di antara dua iklim yaitu iklim tropis Indonesia dan subtropis Australia. Biji kopi Flores tumbuh di Kabupaten Ngada yaitu daerah pegunungan dengan tanah vulkanis. Ada dua jenis kopi yang terkenal dari Flores yaitu Bajawa dan Manggarai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: