Kembangkan Perkebunan Kopi Organik di Rempasai

Kembangkan Perkebunan Kopi Organik di Rempasai

Foto: gusti/Pagaralampos.co KANDANG : Anggota poktan saat membangun kandang kambing untuk pembuatan kompos.--

PAGARALAM, PAGARALAMPOS.CO – Kembali Dinas Pertanian Kota Pagaralam kembangkan perkebunan kopi organik.

Tahun ini, melalui program desa pertanian organik diharapkan produksi komoditi pencarian utama ini tidak hanya mampu meningkatkan produksi melainkan juga kualitas biji kopi baik.

Kabid Produksi Perkebunan Distan Pagaralam Diki Herlambang SP mengatakan, jika kegiatan perkebunan kopi organik ini sudah berjalan di lokasi lain.

Sebelumnya di Talang Kromo, Kecamatan Dempo Utara sekitar 20 hektar anggota poktan membudidayakan tanaman diperkebunan organik.

BACA JUGA:Harga Kebutuhan Pokok Terpantau Stabil, Disperindagkop Lakukan Pengawasan Barang dan Jasa

“Kali ini, perkebunan kopi organik kita kembangkan di Dusun Rempasai, Kecamatan Dempo Selatan,” ucap Diki kepada Pagaralampos.co, Rabu, 26 Oktober 2022

Sedang berjalan, timpal Diki. Dia juga menyebutkan sekitar 15 hektar digarap petani yang tergabung dalam Poktan Sehati.

“Anggota Poktan dibantu sarana beternak kambing. Saat ini telah dibangun kandang dan dibantu sekutar 25 ekor kambing,” katanya didampingi Geri, Pendamping Desa Organik Rempasai.

Beternak kambing sejurus untuk menopang kebutuhan pupuk organik (kandang, red) budidaya tanaman kopi. Sebelumnya Diki mengingatkan, jika diperkebunan kopi petani disarankan menggunakan pupuk organik.

BACA JUGA:Petani Tanam Bantuan Benih Unggul

Sekaligus program ini mengedukasi petani agar tidak lagi ketergantungan terhadap pemakaian pupuk kimia. Jika organik lebih ramah lingkungan.

“Harapan kedepan, perkebunan kopi organik ini menjadi contoh dan bisa dikembangkan petani lainnya di Pagaralam. Sebab, hasil produksi kopi organik juga memiliki nilai jual lebih dan sesuai permintaan pasar,” pungkasnya. (Atg06/min3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: