Warga Ungkap Papua Semakin Mencekam: Tembakan Masih Ada, Rumah Dibakar KKB!

Warga Ungkap Papua Semakin Mencekam: Tembakan Masih Ada, Rumah Dibakar KKB!

Warga Ungkap Papua Semakin Mencekam: Tembakan Masih Ada, Rumah Dibakar KKB!--

Warga Ungkap Papua Semakin Mencekam: Tembakan Masih Ada, Rumah Dibakar KKB!

PAPUA,PAGARALAMPOS.COM - Situasi di Distrik Beoga, Papua, masih mencekam.

Warga mengungkap suara tembakan hingga siang ini masih terdengar dan rumah kembali ada yang dibakar oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Situasi itu diceritakan salah seorang warga yang sedang mengungsi ke gereja.

BACA JUGA:Semerbak!!! 7 Tips Pakai Parfum agar Wangi Sepanjang Hari

Dia berharap segera dievakuasi.

"Mas, jangan tanya situasi di sini, ini suara tembakan masih ada, rumah masih ada dibakar, Mas. Kami mau dievakuasi. Mau sampai kapan kami di sini," kata dia sambil menangis dilansir dari berbagai sumber.

Selain dia, ada anak-anak, perempuan, dan pendatang lainnya yang meminta pemerintah segera mengambil tindakan untuk mengungsikan mereka.

Sementara itu, komunikasi masih kurang stabil. Wartawan yang mencoba menghubungi warga tersebut hanya bisa tersambung beberapa saat.

BACA JUGA:Parah! OPM Papua Tantang Menko Polhukam Lewat Medsos, Ajak Debat Terbuka

Suara pun terputus-putus.

Sementara itu, Kapolres Puncak Kompol I Nyoman Punia yang dimintai konfirmasi mengatakan belum ada tanda untuk evakuasi.

"Belum, evakuasi belum dilakukan," kata I Nyoman Punia.

I Nyoman Punia mengaku belum bisa berkomunikasi dengan kapolsek karena jaringan seluler tidak ada. Selain itu, transportasi ke Beoga hanya jalur udara.

BACA JUGA:Wow!!! Ini Cara Mewarnai Rambut Beruban dengan Benar dan Tahan Lama

"Sampai saat ini kapolsek di Beoga susah sekali ditelepon. Jaringan tidak ada, dan sementara tidak ada pesawat yang mau masuk ke sana, bagaimana mau di evakuasi, jalur untuk ke sana cuma pesawat, sementara kita tidak tahu situasi di bandara sana, kapolsek belum bisa dihubungi," ujarnya.

Di sisi lain, Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara/UPBU Ilaga, Herman Sujito mengatakan hingga kini belum ada pihak maskapai yang terkonfirmasi mau terbang ke Beoga.

"Saya konfirmasi ke pilot yang terbang ke Ilaga, mereka juga belum ada rencana terbang ke Beoga," kata Herman saat dihubungi.



Sebelumnya, Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri mengatakan akan mengevakuasi warga pendatang di Beoga ke Timika. Namun pihaknya mengakui belum bisa mengamankan area Bandara Beoga.

BACA JUGA:GILA! OPM Papua Tantang Mahmud MD, Ini Kata OPM

"Apabila kita sudah bisa mengamankan parameter di kawasan Bandara Beoga, warga yang sedang mengungsi di koramil kita akan evakuasi ke Timika," kata Mathius saat ditemui di Hotel Horizon di Timika, Senin 12 April 2023.

Mathius menambahkan, saat ini ada sekitar 40 orang yang tengah mengamankan diri di koramil dan beberapa tempat yang aman.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: