Wow Keren! Ini Tips Mudah Merawat Jok Mobil Biar Awet

Wow Keren! Ini Tips Mudah Merawat Jok Mobil Biar Awet

Wow Keren! Ini Tips Mudah Merawat Jok Mobil Biar Awet--

JAKARTA, PAGARALAMPOS.COM – Mau kulit jok mobil anda awet, ini dia tips mudah merawat kulit jok mobil biar terawatt dengan baik versi pagaralampos.disway.id yang dilansir dari berbagai sumber. 

Cara merawat jok mobil berbahan kulit yang tepat agar awet dan nyaman diduduki

Tips Perawatan Jok Mobil – Ruang interior pada mobil adalah sektor atau komponen yang sangat penting untuk mendapat perawatan.

Karena, hal itu berkenaan erat dengan soal kenyamanan penumpang ketika berada dalam kabin saat perjalanan.
BACA JUGA:Keren! Desa Wisata Bowele Malang Diresmikan Menparekraf Sebagai 75 Desa Wisata Terbaik ADWI 2023
Nah, salah satu komponen penting di dalam ruang interior adalah soal jok atau kursi mobil. Dimana, hal ini berkaitan dengan rasa nyaman penumpang ketika menduduki jok tersebut.

Maka dari itu, jok mobil menjadi hal yang tak bisa untuk Anda tinggalkan begitu saja sebagai pemilik mobil. Perlu dirawat secara rutin agar lebih awet atau tahan lama. Apalagi, jika jok tersebut berbahan kulit.

Mengingat, penggunaan jok mobil yang berbahan kulit tentu saja memerlukan perhatian khusus karena jika dibiarkan begitu saja akan mudah rusak. Padahal, jok kulit ini harganya terbilang mahal dibandingkan bahan jok mobil lainnya.

Oleh sebab itu, tak ayal bilamana sektor ini menjadi bagian yang perlu selalu mendapatkan perhatian sekaligus perawatan serius. Lantas, bagaimana cara merawat jok mobil berbahan kulit itu?
BACA JUGA:Wajib Dikunjungi! 5 Tempat Wisata Bangka, Pesona di Timur Sumatera
Jangan khawatir, karena dalam pembahasan kali ini, Mas Sena akan mengungkap tips perawatan jok mobil berbahan kulit yang bisa Anda coba di rumah untuk menjaga keawetannya.

Tips Perawatan Jok Mobil Kulit

Ada beberapa hal yang perlu untuk Anda lakukan dalam menerapkan tips perawatan jok mobil berbahan kulit ini. Jadi, tidak asal-asalan dalam merawatnya. Untuk lebih jelas dan rincinya, berikut tips jitunya.

Bersihkan Setiap Hari dengan Sulak
BACA JUGA:Wajib Dikunjungi! Ini 6 Tempat Wisata di Padang yang Bikin Kamu Ngga Mau Pulang Kerumah Lagi, Ada Apa?
Salah satu hal penting sebagai perawatan dasar jok mobil kulit ini adalah menjaga kebersihannya secara rutin.

Anda bisa selalu membersihkan bagian jok dengan menggunakan sulak setiap hari untuk menghilangkan debu besar yang mungkin menempel di setiap sisi dari jok tersebut.

Langkah ini adalah cara terbaik dan paling mudah untuk menjaga kebersihan jok mobil Anda agar selalu terbebas dari debu.

Maka dari itu, tak sulit jika hal ini Anda lakukan setiap hari, sebelum atau sesudah mobil digunakan untuk menghindari debu yang menumpuk. Sehingga, kebersihannya pun akan tampak lebih terjaga.
BACA JUGA:7 Tempat Wisata Favorit di Jakarta, Cocok Untuk Liburan Bersama Keluarga, yang Nomor 1 Buat Tercengang!
Gunakan Pembersih dari Bahan Pasta

Di satu sisi, hal penting yang perlu dilakukan dalam menjaga kebersihan jok adalah merawatnya dengan menggunakan cairan pembersih yang tepat.

Perlu untuk Anda ketahui bahwa memilih cairan pembersih adalah hal wajib yang harus diperhatikan dalam menjaga kebersihan jok mobil berbahan kulit.

Nah, guna memaksimalkan proses perawatannya, Mas Sena sarankan untuk menggunakan cairan berbahan pasta.
BACA JUGA:AKBP Erwin Irawan: Pengelola OW Diimbau Utamakan Keselamatan Wisatawan
Bukan tanpa alasan mengingat untuk penggunaan pembersih berbahan air dirasa kurang baik. Karena, sangat berpotensi sekali menyebabkan jok yang berbahan kulit tersebut menjadi lebih cepat rusak dan risiko timbulnya jamur juga jauh lebih besar.

Selain dalam bentuk pasta, coba untuk memilih cairan pembersih yang memiliki tingkat kandungan pelembab. Hal ini tentunya ditujukan supaya jok kulit terlindung dari risiko pecah-pecah karena dampak dari pasta yang mungkin berimbas pada jok.

Jangan Menggunakan Kain Kasar

Kemudian, hal lain yang perlu untuk Anda hindari adalah sebisa mungkin untuk tidak menggunakan kain kasar saat membersihkan jok mobil.
BACA JUGA:5 Rekomendasi Tempat Wisata di Danau Ranau, Cocok Banget Buat Rekreasi Bareng Keluarga
Mengingat, gesekan kain kasar jika digunakan akan sangat berdampak pada terjadinya abrasi kulit. Jadi, sebisa mungkin jangan gunakan kain dengan serat yang kasar.

Nah, untuk mencegah hal tersebut, jok yang dilapisi kulit sebaiknya segera diberikan leather coating terlebih dahulu sebagai cara untuk perlindungan ekstra.

Produk leather coating tersebut banyak ditemukan dan dijual di pasaran. Hanya saja, produk tersebut hanya cocok untuk jok dengan bahan kulit baru atau bukan yang sudah dipakai beberapa lama.

Gunakan Shampoo Bayi

Jika Anda ingin jok tampil bersih namun tak banyak modal, Anda bisa menggunakan shampoo bayi untuk membersihkannya.
BACA JUGA:6 Destinasi Wisata di Padang yang Menakjubkan
Kenapa demikian? Tentu saja dikarenakan bahwa kandungan pH yang seimbang serta kelembutan pada sampo bayi membuatnya aman serta tidak mengikis lapisan permukaan kulit. Sehingga, cocok dijadikan sebagai sabun untuk mencuci jok kulit.

Anda bisa mencuci jok dengan shampoo bayi ini dalam kurun waktu sebulan sekali saja. Untuk menghindari timbulnya jamur.

Namun, satu hal yang harus Anda lakukan adalah pastikan bahwa setelah mencuci menggunakan shampoo bayi, pastikan kondisi jok untuk tetap dalam keadaan kering. Gunakan lap kanebo untuk mempercepat pengeringan agar tidak memicu tumbuh atau timbulnya jamur.

Hindari Makan di Dalam Mobil
BACA JUGA:Kembangkan Pulau Cemara Sebagai Ekoeduwisata Bahari
Selain itu, tips perawatan jok mobil berbahan kulit yang harus dihindari adalah memakan makanan di dalam kabin. Apalagi makanan kering seperti roti dan sebagainya.

Karena, remahan makanan kering tersebut sangat berpotensi mengotori jok mobil yang mana bila dibiarkan berlarut-larut (tidak dibersihkan) akan memicu bakteri dan juga jamur karena basi.

Maka dari itu, untuk meminimalisir hal tersebut, lakukan tindakan pencegahannya. Seperti untuk tidak memakan makanan di dalam mobil.

Namun, bila memang terpaksa karena suatu kondisi, pastikan bahwa tidak ada sisa makanan atau remahan yang jatuh di atas permukaan jok agar tetap dalam kondisi bersih.
BACA JUGA:Gasken Rek! Ini Rekomendasi Tempat Wisata di Solo yang Wajib Kalian Kunjungi, Rasakan Liburan Seperti di Luar
Gunakan Vacum Cleaner

Di sisi lain, untuk memaksimalkan kebersihan jok mobil berbahan kulit, Anda bisa menggunakan vacum cleaner sebagai alat yang digunakan untuk menyedot kotoran.

Cara ini cukup efektif untuk mengurangi debu ataupun remahan sisa makanan kering yang menempel atau jatuh di permukaan jok.

Bahkan, pembersihan menggunakan vacum cleaner ini cukup Mas Sena rekomendasikan. Karena sifatnya yang kering (tidak menggunakan air) sehingga aman dan tidak memicu tumbunya jamur.

Maka dari itu, penggunaan alat penyedot debu ini bisa Anda pakai. Paling tidak selama seminggu sekali saat weekend atau mobil sedang tidak digunakan untuk bepergian.
BACA JUGA:Keren! Desa Wisata Bowele Malang Diresmikan Menparekraf Sebagai 75 Desa Wisata Terbaik ADWI 2023
Hindari Parkir di Tengah Terik Matahari

Lalu, tips lain yang bisa Anda lakukan adalah memarkir mobil di area yang teduh atau tidak terkena sinar matahari langsung.

Bukan tanpa alasan mengingat pengaruh dari sinar matahari sangat beresiko membuat jok kulit menjadi kering dan pecah-pecah.

So, pastikan bahwa mobil Anda terparkir di area yang sejuk atau berada di bawah atap untuk meminimalisir sengatan daripada terik sinar matahari langsung yang bisa memicu kerusakan pada jok mobil.
Berdasarkan beberapa langkah perawatan jok kulit di atas, sudah barang tentu Anda sedikit banyak sudah bisa memahami cara untuk membersihkan dan mencegahnya dari kerusakan. Terutama kerusakan karena jamur yang sangat berpotensi sekali jika jok terkena air.

Di sisi lain, perlu diketahui juga bahwa beberapa cara di atas tidak perlu Anda gunakan semuanya. Cukup pilih salah satu saja yang sekiranya cocok dan bisa Anda terapkan sendiri di rumah.

Hanya saja, satu hal wajib yang perlu dilakukan adalah selalu menjaga kebersihan dengan rutin menghilangkan debu menggunakan sulak agar tidak ada debu yang menempel atau mengendap.

Nah, demikian itu tadi beberapa langkah atau tips perawatan jok mobil berbahan kulit yang bisa Anda coba dan terapkan di rumah. Semoga bermanfaat. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: