PUPR Lakukan Pelebaran Jalur di Tol Jakarta-Cikampek dan Ruas Lainnya Rampung

PUPR Lakukan Pelebaran Jalur di Tol Jakarta-Cikampek dan Ruas Lainnya Rampung

Pelebaran Jalur di Tol Jakarta-Cikampek dan Ruas Lainnya Rampung-Tangkapan Layar-Pu.go.id

PAGARALAMPOS.COM, Cikampek - Mudik Lebaran 2023, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui Sub Holding PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) telah menyelesaikan pelebaran satu jalur di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, dari tiga menjadi empat jalur pada kedua arahnya.

BACA JUGA:Mesin Motor Cepat Panas, Begini Cara Mengatasinya

Direktur Jalan Bebas Hambatan Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga Kementerian PUPR, Budi Harimawan Sumihardjo, mengatakan bahwa pelebaran Jalan Tol Jakarta-Cikampek merupakan salah satu proyek prioritas pemerintah yang dikerjakan oleh Jasa Marga untuk mengantisipasi lonjakan volume lalu lintas saat mudik Lebaran 2023.

BACA JUGA:Dekatkan Pendistribusian Bantuan ke Penerima, Jangkau 8.205 KPM Terima Bantuan CBP

"Ini salah satu solusi untuk mengurangi kepadatan arus lalu lintas saat arus mudik nanti," kata Budi Harimawan saat mendampingi Kunjungan Kerja (Kunker) Komisi V DPR RI meninjau kesiapan infrastruktur dan transportasi untuk mendukung Mudik Lebaran 2023, Jumat (14/4/2023). 

Budi Harimawan menjelaskan bahwa lokasi pelabaran tersebut berada pada lajur pertemuan ruas tol Jakarta-Cikampek bawah dengan Jakarta-Cikampek Elevated Jalur A sepanjang 16,3 Km (Km 50+400 s.d. Km 66+700) dan Jalur B sepanjang 11,8 km (Km 61+500-Km 49+700), serta telah selesai pada 7 April 2023 dan sudah dilakukan open traffic. 

BACA JUGA:Wako Buka Iven Semarak Ramadhan 1444 Hijriyah

“Selain itu telah diselesaikan juga pelebaran jalan pada jalur utama di depan TIP km 86, 102, dan 130 Jalan Tol Cikampek-Palimanan arah A dan B masing - masing sepanjang kurang lebih 1,5 Km, pelebaran tersebut semula tiga menjadi empat lajur dan telah selesai pada 12 April 2023," tambah Budi Harimawan.

Untuk meningkatkan layanan Lebaran, Kementerian PUPR bersama Jasa Marga juga memfungsikan beberapa jalur alternatif yaitu, Sadang sampai Kutanegara (Jakarta Cikampek Selatan) untuk arus balik Sadang–Taman Mekar (28,5 Km) masuk kembali melalui GT Karawang Barat (± 16 Km). 

BACA JUGA:Amalan 10 Hari Terakhir Ramadhan

Selanjutnya Jasa Marga memfungsionalkan pada Ruas Solo-Yogyakarta (arus mudik dan balik) Segmen Kartasura-Klaten (Colomadu sampai dengan Jl.Sawit sepanjang ± 6 Km). Kemudian juga fungsional akses Km 99 Cipularang, dan akses keluar darurat Km 149 Padaleunyi. 

Sementara Wakil Ketua Komisi V DPR RI juga Ketua Tim Kunker Ridwan Bae mengapresiasi upaya yang dilakukan Kementerian PUPR bersama BUJT dalam hal ini Jasa Marga, telah meningkatkan pelayanan jelang Mudik Lebaran 2023.

"Kami dari Komisi V DPR RI tentunya berharap agar mudik tahun ini penanganannya lebih baik lagi dengan mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan bagi pengguna jalan," jelas Ridwan Bae.

BACA JUGA:Aneka Menu Takjil Pilihan Buat Menu Berbuka Puasa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: