Klub Indonesia Dapat Tiga Slot Asia

Klub Indonesia Dapat Tiga Slot Asia

Klub Indonesia Dapat Tiga Slot Asia-Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM – Konfederasi Sepak bola Asia (AFC) memastikan klub Indonesia mendapat tiga slot untuk kompetisi Asia 2023-2024, yakni untuk play-off Liga Champions Asia (LCA), fase penyisihan grup Piala AFC, dan play-off Piala AFC.

"PSSI sudah bersurat ke AFC terkait nominasi dan kriteria dari wakil Indonesia yang berhak tampil di tiga slot yang sudah diinformasikan AFC," kata Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Ferry Paulus.

Menurutnya, berdasarkan informasi yang didapat PSSI, untuk slot peserta play-off Liga Champions Asia akan diwakili pemenang pertandingan play-off juara Liga 1 2021-2022, yaitu Bali United jumpa juara Liga 1 2022-2023 PSM Makassar. Tim yang kalah dari play-off tersebut nanti statusnya langsung hadir di AFC Cup pada babak penyisihan grup. Khusus untuk slot ketiga atau tim yang akan mewakili Indonesia pada fase play-off Piala AFC, akan diserahkan kepada klub peringkat kedua Liga 1 2022-2023.

Untuk posisi tersebut tidak akan dilakukan pertandingan play-off lagi. Melihat komposisi klasemen sementara Liga 1, peringkat kedua saat ini ditempati Persija dengan 63 poin dan Persib di posisi ketiga dengan 62 poin. Persija dan Persib masih berpeluang mengikuti kompetisi Asia lantaran masih menyisakan satu laga terakhir. 

BACA JUGA:Tanggapan Asnawi Setelah Cetak 2 Assist

Ferry menyatakan AFC memberikan kebebasan penuh kepada federasi negara yang bersangkutan untuk penetapan kriteria wakil bagi tiap negara pada kuota slot yang ditentukan. Dalam hal ini, teknis pemilihan klub yang mewakili negara di kompetisi Asia diserahkan kepada masing-masing negara berdasarkan Entry Manual for AFC Club Competitions. Sebagai gambaran, Thailand juga melakukan hal yang sama. 

Selain Indonesia, untuk kuota klub-klub pada kompetisi Asia 2023-2024, mereka juga melakukan play-off di dalam negeri. "Jadi, dalam hal ini, apa yang sudah ditentukan PSSI ini sudah diketahui oleh AFC. Mereka tinggal menunggu hasil akhirnya nanti," papar Ferry Paulus. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: