Reaksi AFC Terhadap Kegagalan Timnas Indonesia U-23 di Olimpiade, Belokan Tak Terduga

Reaksi AFC Terhadap Kegagalan Timnas Indonesia U-23 di Olimpiade, Belokan Tak Terduga

Reaksi AFC Terhadap Kegagalan Timnas Indonesia U-23 di Olimpiade, Belokan Tak Terduga--

PAGARALAMPOS.COM - Dalam sebuah belokan peristiwa yang mengejutkan, Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) telah menanggapi kekecewaan atas gagalnya tim nasional Indonesia U-23 lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Tim, di bawah arahan pelatih Shin Tae-yong, menghadapi Guinea dalam pertandingan playoff yang diadakan di Clairefontaine, Prancis, pada Kamis, 9 Mei 2024.

Namun, meskipun sudah berusaha, impian untuk berkompetisi di Olimpiade hancur saat mereka kalah dengan skor 0-1, berkat gol penalti yang dicetak oleh Ilaix Moliba pada menit ke-29.

Pertandingan tersebut tidak berlangsung tanpa kontroversi, karena keputusan wasit asal Prancis, Francois Letexier, menjadi sorotan, dengan beberapa putusan dianggap merugikan tim U-23 Indonesia.

BACA JUGA:Jakarta Bhayangkara Presisi Bungkam Lawan, Brigjen Budi Indra Dermawan Apresiasi Dukungan Supporter Palembang

Penalti yang diberikan kepada Guinea memicu protes keras baik dari pemain maupun pelatih Shin Tae-yong, karena pelanggaran dianggap terjadi di luar kotak penalti.

Terutama kontroversial adalah insiden pada menit ke-75 ketika Alfeandra Dewangga dianggap melakukan pelanggaran terhadap pemain Guinea di dalam area penalti, meskipun tayangan ulang menunjukkan sebaliknya.

Keputusan ini memprovokasi Shin Tae-yong, yang dengan keras memprotes dan akhirnya menerima kartu kuning diikuti kartu merah karena protes yang terus-menerus.

Akibatnya, Indonesia harus bermain tanpa pelatih mereka di pinggir lapangan untuk sisa pertandingan.

BACA JUGA:Melampaui Harapan, Pertamina Internasional EP Cetak Rekor Produksi Minyak dan Gas di Luar Negeri

Meskipun mengalami kekalahan, Guinea gagal memanfaatkan sepenuhnya peluang mereka, dengan tendangan penalti Algassime Bah memantul dari tiang gawang kanan, menghalangi mereka mencetak gol kedua.

Namun, hasil tersebut menentukan nasib Indonesia, membuat mereka menyesali peluang yang terlewatkan dan keputusan wasit yang kontroversial.

Sebagai tanggapan atas eliminasi Indonesia sebagai perwakilan Asia, AFC merilis artikel berjudul "Guinea Mengakhiri Impian Indonesia di Paris 2024".

Artikel tersebut, yang dipublikasikan di situs web resmi mereka, mengakui kinerja impresif Indonesia dalam Kejuaraan U-23 AFC, di mana mereka membuat debut dan menunjukkan kehebatan yang luar biasa dengan mengalahkan tim-tim kuat seperti Australia, Yordania, dan Korea Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: