Perlu Kamu Ketahui, 6 Penyebab Adanya Flek Cokelat setelah Haid

Perlu Kamu Ketahui, 6 Penyebab Adanya Flek Cokelat setelah Haid

Perlu Kamu Ketahui, 6 Penyebab Adanya Flek Cokelat setelah Haid-Foto: Ist-

BACA JUGA:Wajib Masuk Wishlist Traveling-mu, Wisata Maluku Jadi Pilihan Terbaik untuk Berlibur

Beberapa wanita bisa saja mengalaminya pada 1–2 hari setelah haid selesai. Sebagian lainnya merasakan flek cokelat ini hilang dan timbul selama 1 minggu setelah masa haid berakhir.

5. Efek samping KB implan

KB implan dipasang di jaringan kulit lengan atas. Alat kontrasepsi ini dapat mencegah kehamilan dengan cara melepaskan hormon progesteron ke aliran darah. Penggunaan KB implan bisa menimbulkan beberapa efek samping, salah satunya termasuk pengaruhnya pada hubungan intim dan terjadinya flek cokelat setelah haid.

Flek berwarna cokelat ini dapat muncul karena tubuh sedang beradaptasi dengan hormon dari kontrasepsi tersebut. Selain flek cokelat, pengguna KB implan juga mungkin mengalami menstruasi tidak lancar.

Penggunaan alat kontrasepsi lainnya, seperti IUD atau konsumsi pil KB, juga dapat memicu flek cokelat setelah haid. Meski begitu, kondisi seperti ini wajar terjadi dan bukan hal yang perlu dikhawatirkan.

BACA JUGA:10 Raja HP Indonesia Terbaru, iPhone Tak Masuk 5 Besar!

6. Tanda kehamilan

Flek cokelat yang muncul beberapa minggu pascamenstruasi juga bisa menjadi tanda kehamilan. Flek kehamilan ini disebut perdarahan implantasi dan terjadi ketika sel telur yang sudah dibuahi menempel pada lapisan dinding rahim.

Setidaknya, 15–25% wanita mengalami perdarahan implantasi pada awal kehamilan. Untuk memastikan apakah flek cokelat setelah haid tersebut merupakan tanda kehamilan atau bukan, Anda bisa melakukan tes kehamilan menggunakan test pack.

Apalagi jika Anda juga merasakan gejala awal kehamilan lain, seperti morning sickness, kram perut, mudah lelah, payudara sakit, pusing, atau perubahan suasana hati.

Itulah beragam penyebab keluarnya flek cokelat setelah haid. Guna mencegah kondisi medis yang dapat memicu keluhan ini, berbagai langkah menjaga kesehatan organ intim sangatlah penting dilakukan, mulai dari merawat kesehatan vagina, menjalani pola hidup sehat, hingga menghindari perilaku seks bebas.
BACA JUGA:Mau Tukar Uang Baru? Gunakan Aplikasi PINTAR BI Mudah dan Praktis

Bila flek cokelat setelah haid disertai dengan gejala lain seperti yang telah disebutkan sebelumnya, cobalah periksakan diri ke dokter agar dapat diketahui penyebabnya dan ditangani dengan tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: