Catat! Inilah 5 jajanan Khas Lombok yang bisa kamu jadikan Oleh-oleh!

Catat! Inilah 5 jajanan Khas Lombok yang bisa kamu jadikan Oleh-oleh!

Catat! Inilah 5 jajanan Khas Lombok yang bisa kamu jadikan Oleh-oleh!--

PAGARALAMPOS.COM, Lombok - Lombok adalah destinasi wisata favorit bagi wisatawan lokal maupun mancanegara setelah Bali. Keindahan pulau ini memang memikat siapa saja. Pantai yang masih bersih, air laut yang jernih, dan budaya yang unik menjadi daya tarik yang dimiliki oleh Lombok untuk menarik minat wisatawan. 

Lebih lagi Anda bisa menjumpai beberapa tempat honeymoon romantis di Lombok. Namun, pesona Lombok tidak hanya terdapat pada wisatanya saja. Anda juga harus mencicipi jajanan khas Lombok yang memiliki citarasa unik dan tidak bisa ditemukan di tempat lain.

BACA JUGA:5 Makananan khas Lombok Timur ini Terkenal Enak dan Unik!

1. Tumbek

Tumbek adalah jajanan khas Lombok yang berupa kue basah. Kue ini memiliki tampilan yang cukup mirip dengan lepet. Jajanan yang satu ini bisa Anda temukan dengan mudah di pedagang kue-kue tradisional yang ada di Lombok.

Kue basah ini berasal dari ketan yang sudah dicampur dengan gula merah dan kelapa parut. Kemudian, adonan tersebut dikukus hingga matang. Apabila adonan tersebut sudah matang, bungkus adonan ke dalam kulit tumbek yang berasal dari daun kelapa dan kukus kembali hingga daun mulai layu.

BACA JUGA: Rumah Sederhana Ini Ditawar Rp2,5 Miliar, Di Pagar Alam Juga Ada?

2. Dodol Rumput Laut

Jika biasanya dodol dibuat dari tepung ketan, di Lombok Anda bisa menemukan dodol yang berbahan dasar rumput laut. Dapat dipastikan bahwa dodol rumput laut ini jauh lebih sehat dan rasanya juga tidak kalah lezat dengan dodol biasa.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat jajanan ini kurang lebih sama dengan yang dipakai untuk membuat dodol pada umumnya, yakni tepung ketan, santan kelapa, gula pasir, essence, garam, dan vanili. Kemudian, bahan-bahan tersebut dicampur dengan rumput laut, lalu diberi pewarna makanan agar tampilannya lebih menari. Dodol rumput laut bisa dibeli di tempat penjualan oleh-oleh khas Lombok.

BACA JUGA:Catat! ini Daftar Channel Siaran TV Digital di Kota Palembang

3. Kue Kerake

Kemasan yang unik membuat kue ini nampak seperti susunan bawang putih. Namun, ini adalah Kerake yang merupakan kue tradisional dari Lombok Timur. Kue ini berbahan dasar ketan dan memiliki tekstur yang sedikit kenyal seperti jenang.

Yang membuat tampilan kue ini unik adalah kue dibungkus dengan kulit jagung dan dibuat menonjol di 3 bagian. Alhasil, bentuk kue ini juga sedikit mirip dengan “pocong” Wah, seram juga ya! Akan tetapi, Anda tak perlu khawatir untuk mencoba kue ini karena Kerake menawarkan rasa yang manis, legit, dan enak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: