9 Rekomendasi Makanan Khas Makassar yang Wajib Kamu Cobain

9 Rekomendasi Makanan Khas Makassar yang Wajib Kamu Cobain

9 Rekomendasi Makanan Khas Makassar yang Wajib Kamu Cobain -Foto: Ist-

MAKASSAR, PAGARALAMPOS.COM -  Makanan khas MAKASSAR sering kali menjadi incaran wisatawan. Tidak heran, karena Kota MAKASSAR memang memiliki beragam sajian yang khas, mulai dari makanan berat hingga dessert.

Hal ini pula yang menjadi daya tarik Kota Makassar. Tidak hanya keindahan kota dan alamnya yang patut dikunjungi, wisata kulinernya pun menarik perhatian wisatawan untuk mencicipinya.

Makanan khas Makassar identik dengan cita rasa yang kuat. Hal ini bersumber dari rempah-rempah yang digunakan dalam mengolah makanan khas Makassar. Meski kaya akan rempah, makanan khas Makassar tidak membuat enek. Justru seringkali membuat ketagihan dan ingin terus mencicipinya.

1. Sop Saudara 

Nama sajian sup saudara diberikan pada kuliner Makassar ini berasal dari nama warung terkenal yang menjajakannya. Kuliner berkuah bening khas Makassar ini terbuat dari daging sapi, dengan bihun, bola-bola perkedel, potongan paru goreng, dan kuah yang diberi campuran telur bebek. Penyajiannya kuliner pagi khas Makassar ini dilengkapi dengan nasi putih hangat, ikan bakar, dan telur rebus. 

BACA JUGA:Bikin Ngiler! Ini 6 Tempat Wisata Kuliner Paling Enak di Ambarawa

2. Sop Konro 

Terbuat dari iga daging sapi yang dimasak dengan rempah, sop konro terkenal karena kuahnya yang berwarna gelap. Hal ini karena salah satu bumbu dari kuah sop konro adalah tambahan keluak ditambah rempah lain yang menguatkan cita rasa. Sop konro akan terasa nikmat jika dinikmati saat cuaca dingin dengan nasi hangat dan berbagai lauk pendamping seperti perkedel, bakwan, kerupuk, atau sate usus.

3. Pisang Epe

Sering ditemukan sebagai makanan ringan di kuliner malam Makassar, pisang epe memang cocok dinikmati berdampingan dengan kopi atau teh. Bahan dasar pisang epe adalah pisang kepok atau pisang raja yang dipanggang di atas bara api hingga aroma wanginya keluar. Saat setengah matang, pisang epe dipipihkan sebelum dibakar dengan sempurna dan disajikan bersama saus gula merah beraroma durian dan nangka. 

4. Pisang Ijo dan Palu Butung

Dua sajian ini serupa namun berbeda, yaitu dengan adanya balutan adonan pembungkus pisang saat disajikan. Pisang ijo dikenal sebagai panganan menyegarkan karena disajikan bersama es serut dengan cita rasa manis yang dominan. Sementara palu butung bisa disajikan hangat maupun dingin dengan tambahan sagu mutiara dengan cita rasa manis gurih lebih dominan.

BACA JUGA:11 Kuliner Kota Malang Legendaris yang Wajib Dicoba

5. Mie Titi 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: