6 Daerah di Indonesia Penghasil Durian Terbesar, Salahsatunya Kota Palembang

6 Daerah di Indonesia Penghasil Durian Terbesar, Salahsatunya Kota Palembang

6 Daerah di Indonesia Penghasil Durian Terbesar--

BACA JUGA:Eksploitasi Objek Wisata, Nikmati Kuliner Daerah

3. Trenggalek

Dinas Pertanian Trenggalek berusaha mengunggulkan produksi buah durian dari beberapa tahun yang lalu. Hasilnya dapat dilihat dari populasi jumlah tanaman durian yang ada di Kabupaten Trenggalek, diklaim terbesar se-Jawa Timur.

Luas lahan yang ditanami pohon durian mencapai 650 hektar dengan 99 ribu populasi pohon durian. Salah satu kecamatan yang terkenal penghasil durian adalah Kecamatan Watulimo.

Varietas Durian unggulan yang budidayakan seperti durian ripto, durian kunirjiman dan durian rindu.

BACA JUGA:Kuliner Besemah ‘Tinggal Nama’, Nasi Ibat Kalah dengan Nasi Kotak

4. Ponorogo

Durian adalah salah satu produk unggulan masyarakat di 8 desa yang ada di Kecamatan Ngebel, Ponorogo. Total ada 6.287 pohon durian yang dibudidayakan di sana.

Kecamatan Ngabel sekaligus menawarkan wisata ‘Kampung Durian’ yang sering dibanjiri pengunjung ketika musim durian tiba.

Ada tiga jenis durian yang dibudidayakan masyarakat Ngebel. Yakni Kanjeng Putih, Kanjeng Hijau dan Kanjeng Montong. Jenis-jenis durian tersebut merupakan racikan para petani yang sengaja menyilangkan tanaman durian lokal demi mendapatkan varietas dan rasa baru

BACA JUGA:Pusat Kuliner Eks Taman Kota Segera Dibuka

5. Probolinggo

Probolinggo sudah lama dikenal sebagai salah satu sentra budi daya durian mancanegara. Namun Varietas lokalnya seperti branggah juga banyak diburu pencinta durian.

Salah satu kecamatan penghasilan durian di Probolinggo adalah Lumbang, terutama di Desa Branggah dan Negororejo. Di sana, banyak jenis durian yang dibudidaya.

Itulah lima daerah teratas di Jawa Timur yang menghasilkan durian dengan kualitas ekspor. Dari kelima daerah ini sama-sama menunjukkan peningkatan produksi durian 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: