6 Daerah di Indonesia Penghasil Durian Terbesar, Salahsatunya Kota Palembang

6 Daerah di Indonesia Penghasil Durian Terbesar, Salahsatunya Kota Palembang

6 Daerah di Indonesia Penghasil Durian Terbesar--

PALEMBANG,PAGARALAMPOS.COM - Provinsi Jawa Timur tidak kalah dari provinsi lain dalam hal penghasil durian. Tercatat pada tahun 2021, Provinsi Jawa Timur menghasilkan 275.319 ton durian paling banyak dari data 10 daerah lainnya.

Selain kuantitas, kualitas durian dari Jawa Timur juga sudah taraf kualitas ekspor. Beberapa negara yang menerima ekspor durian dari Jawa Timur, seperti Vietnam, Malaysia dan Tiongkok.

Melansir, Halodoc setidaknya ada lima manfaat durian untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup. Yaitu mencegah kanker, meningkatkan kesehatan pencernaan, mencegah munculnya nyeri, menghindari penuaan dini, dan menjaga kesehatan tulang.

Lantas dimana saja daerah dengan produksi Durian terbesar di Jawa Timur?

BACA JUGA:Wajib Dicoba, 10 Wisata Kuliner di Pagaralam yang Murah dan Enak

Dikutip beritajatim.com dari buku PDF Jatim Dalam Angka 2022, berikut ini 5 daerah teratas penghasil durian terbesar di Jawa Timur berdasarkan data BPS tahun 2021:

1. Pasuruan

Durian adalah komoditi hortikultura unggulan Kabupaten Pasuruan yang dibudidayakan di beberapa Kecamatan, seperti Kecamatan Lumbang, Puspo, Tutur, Pasrepan, Purwodadi, Purwosari, Prigen dan Kecamatan Sukorejo.

Varietasnya yang dibudidayakan diantaranya jenis lokal seperti Durian Petruk, Kasmin dan Laron dan varietas Durian populer seperti Montong. Dari ketiganya jenis Petruk dan Montong menjadi andalan karena mempunyai ciri buah besar dan tebal, aroma buah kuat, rasa manis, serta biji kecil.

Dari beberapa Kecamatan di Kabupaten Pasuruan penghasil Durian tersebut, terdapat destinasi yang sering dituju oleh beberapa pecinta Durian. Dua diantaranya berada di Kecamatan Tutur dan Purwosari.

BACA JUGA:Pasar Kuliner Tonjolkan Makanan Khas Besemah

2. Malang

Malang sudah terkenal sebagai penghasil durian yang melimpah serta wisata duriannya yang cukup terkenal. Varietas durian yang dibudidayakan di Malang mulai yang berasa manis hingga asam. Yang terkenal adalah durian sukro dan durian mentega.

Daerah Malang yang menyajikan wisata memetik durian populer adalah kecamatan wagir dan daerah sekitar kasembon & ngantang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: