Legenda di Kawasan Bukit Besar Kabupaten Lahat, Pendaki Wajib Tahu!

Legenda di Kawasan Bukit Besar Kabupaten Lahat, Pendaki Wajib Tahu!

Legenda di Kawasan Bukit Besar Kabupaten Lahat, Pendaki Wajib Tahu!--

LAHAT,PAGARALAMPOS.COM - Bukit Besar kawasan wisata di Lahat yang masuk dalam bentang Bukit Barisan menyajikan aspek sejarah dan legenda atau mitologi dalam satu kawasan wisata.

Potensi sejarah dan legenda atau mitologi di kawasan Bukit Besar berada dalam satu lokasi menjadi pembeda dengan tempat wisata di Lahat lainnya. 

Sehingga Bukit Besar kawasan wisata di Lahat menjadi wisata sejarah bagi semua kalangan karean berada dalam satu hamparan.

Sejarah Gao atau Gua Putri di Bukit Besar

BACA JUGA:Misteri Menyeramkan Dibalik Keindahan Bukit Kaba Bengkulu

Ada satu Gua atau Goa di kawasan Bukit Besak yang pernah digunakan oleh masyarakat untuk bersembunyi dan berindung dari penjajah Belanda bernama Goa atau Gua Putri.

Konon Goa atau Gua Putri sangat sulit dimasuki oleh para penjelajah, karena Gua bentukan alam ini kondisinya sangat gelap dan sudah dipenuhi dengan sarang kelelawar, yang menyesakan pernafasan.

Yang luar biasa dari goa ini terdapat ruangan-ruangan yang terhubung satu sama lain, bukan karena bentukan tangan manusia, namun akibat proses alam saja.

Legenda / Mitos Batu Putri

BACA JUGA:Jangan Ngaku Pecinta Ketinggian, Kalau Belum Mendaki Bukit Besar Lahat!

Dalam kawasan wisata Bukit Besar lahat Terdapat sebuah batu yang bertumpuk menyerupai patung seorang putri dan hewan anjing yang kawin.

Cerita dari masyarakat Merapi Selatan legenda atau mitos yang berkembang, patung batu tersebut adalah seekor anjing dan seorang putri yang dikutuk menjadi batu.

Legenda patung Patung tersebut, bahwa ada seorang putri yang sedang duduk termenung dan bersedih ditemani anjingnya yang setia. Namun tiba-tiba anjing tersebut mengawini sang putri.

Oleh karena kejadian tersebut, keduanya akhirnya dikutuk menjadi batu, itulah kenapa disebut sebagai Batu Puteri. Kisah atau legenda atau mitologi mengandung pesan moral dan sebuah hikmah yang sangat dalam, legenda ini bagian dari khazanah masyarakat yang ada di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: