Aplikasi Sisrute Bantu Percepat Pelayanan Rumah Sakit

Aplikasi Sisrute Bantu Percepat Pelayanan Rumah Sakit

Aplikasi Sisrute Bantu Percepat Pelayanan Rumah Sakit -Foto: Ist-

PAGARALAMPOS.COM - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, dr. H. Trisnawarman, M.Kes, SpKKLP (Dokter Tris) menyatakan bahwa SISRUTE sangat membantu mempercepat pelayanan rumah sakit rujukan yang dituju dan akan lebih baik jika informasi awal data pasien serta komitmen dari berbagai pihak terkait selalu terjalin akan berhasil. “SISRUTE  sangat membantu dalam mempercepat pelayanan rujukan di rumah sakit yang dituju. Pihak pengirim rujukan dapat mengetahui integrasi SDM rumah sakit rujukan, kondisi pasien rujukan dan ketersediaan sarana di rumah sakit rujukan. Ketersediaan informasi awal yang penting sebelum dirujuk ini menjadi salah satu faktor utama keberhasilan pelaksanaan aplikasi ini, selain itu aplikasi ini bisa dilaksanakan dengan baik jika diiringi dengan  komitmen dan dukungan dari semua pihak yang terkait seperti : Kementerian Kesehatan,Pemerintah daerah, Dinas Kesehatan, RSUP Moch Hoesin , rumah sakit dan Puskesmas yang ada di Provinsi Sumatera Selatan” kata Dokter Tris, Hotel Beston, Kamis, 9/3/23.

Pertemuan Pembinaan Penyelenggaraan Sisrute Di Fasilitas Pelayanan Kesehatan / Fasyankes Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2023 dalam rangka meningkatkan akses dan Mutu pelayanan rumah sakit sangat dibutuhkan sarana Sistem Informasi Rujukan Terintegrasi dan sistem Informasi Rawat Inap.

“Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan di bawah Bidang Pelayanan Kesehatan Seksi Palayanan Kesehatan Rujukan telah mengadakan Sosialisasi dan Bimbingan teknis di seluruh Fasilitas Pelayanan Kesehatan di Provinsi Sumatera Selatan sebagai upaya penerapan SISRUTE di Provinsi Sumatera Selatan” jelas Dokter Tris saat sambutan sekaligus peresmian kegiatan pertemuan.

Sebagaimana diketahui Pelaksanaan penggunaan SISRUTE di Rumah Sakit dan Puskesmas belum berjalan Optimal dan masih banyak kendala yang terjadi, Fakta di lapangan didasarkan atas laporan terkait pelayanan rujukan didapatkan bahwa masih adanya Penolakan pasien di rumah sakit, Proses Rujukan yang lama, Respon Sisrute yang lama, Pelayanan yang relative lambat di IGD, Kesulitan mengakses ruangan / kamar perawatan khususnya ruangan intensif, Kesulitan mengetahui kompetensi RS berdasarkan ketersediaan SDM, peralatan dan obat di RS, Sistem Aplikasi yang terganggu atau Error dan ketidaklengkapan Data yang di kirim.

BACA JUGA:Tingkatkan Mutu Pelayanan Rumah Sakit Merupakan Tujuan Sertifikasi Akreditas

Melansir dari sumber informasi seksi pelayanan kesehatan rujukan, Fasilitas pelayanan kesehatan yang telah melakukan registrasi User sisrute di provinsi sumatera selatan tahun 2022  sebanyak 1264 USER yang terdiri dari 86 Rumah sakit sebesar  95 %, 345 Puskemas sebesar 82 %, 17 PSC119 sebesar 94% dan 17 Dinkes kab/Kota 100%.

Hadir narasumber dari Tata Kelola pelayanan Kesehatan dan Sesditjen yankes Kemenkes RI, RSMH Palembang, Dinas Kesehatan Kota Palembang, Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes Prov Sumsel,Kasi Rujukan Pelayanan Kesehatan Dinkes Provinsi Sumsel.(*)

 

Berita ini telah tayang dilaman dinkes.sumselprov.go.id dengan judul: Aplikasi Sisrute Untuk Rumah Sakit dan Puskesmas Guna Optimalkan Mutu Keselamatan Pasien

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: