Bunda, Kamu Harus Tau Apa Saja Penyebab Bayi Susah Tidur

Bunda, Kamu Harus Tau Apa Saja Penyebab Bayi Susah Tidur

Bunda, Kamu Harus Tau Apa Saja Penyebab Bayi Susah Tidur-Foto: Ist-

PAGARALAMPOS.COM - Selain tidak mau makan, persoalan bayi lainnya ialah susah tidur. Tak hanya siang hari, bahkan bayi bisa terjaga sepanjang hari yang membuat orangtua ikut begadang juga.

Tentu keadaan ini membuat orangtua kelelahan, untuk itu harus tahu penyebab mengapa si kecil sulit tidur. Setelah mengetahui penyebabnya, orangtua bisa mengatasinya. 

Dengan begitu anak pun memiliki jam tidur teratur anti rewel.

Bayi baru lahir biasanya akan tidur sekitar 16–17 jam dalam sehari dan hanya terbangun selama 1–2 jam. Pada usia 6 bulan ke atas, bayi membutuhkan waktu tidur sekitar 12–16 jam per hari.

Bayi memang bisa sering terbangun selama beberapa menit, lalu akan tertidur kembali. Hal ini normal terjadi pada bayi di bawah usia 3 bulan karena ia belum terbiasa dengan jam dan pola tidur yang teratur. Seiring bertambahnya usia bayi, biasanya ia akan terbiasa dengan pola tidur yang teratur.

BACA JUGA:Ternyata Membaca Komik Bagi Anak Banyak Manfaatnya loh, Yuk Simak Disini!

Namun, di luar hal tersebut, ada banyak hal yang menyebabkan bayi susah tidur, mulai dari suasana kamar hingga gangguan kesehatan. Berikut beberapa gangguan kesehatan yang menjadi menjadi penyebab bayi susah tidur, antara lain:

1. ISPA

Bayi memiliki sistem kekebalan tubuh yang masih berkembang, sehingga rentan terserang infeksi virus dan bakteri. Beberapa jenis infeksi yang kerap dialami bayi adalah ISPA.

Ketika terkena ISPA atau infeksi saluran pernapasan akut, bayi akan mengalami demam dan lebih sulit bernapas karena hidungnya tersumbat oleh lendir. Hal inilah yang membuatnya susah tidur.

Untuk mengatasinya, Bunda bisa melakukan beberapa cara, yakni dengan membuang ingus di hidung bayi menggunakan pipet khusus. Untuk mengencerkan lendir di hidungnya, Bunda juga bisa meneteskan air garam steril (cairan saline) atau membiarkan Si Kecil menghirup uap hangat..

2. Refluks asam lambung

Refluks asam lambung atau gumoh adalah kondisi ketika Si Kecil mengeluarkan kembali susu dari mulutnya. Kondisi ini berbeda dengan muntah.

BACA JUGA:Kenali 5 Manfaat Masker Charcoal dan Cara Membuatnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: