Coklit untuk Validitas Data Pemilih Pemilu 2024

Coklit untuk Validitas Data Pemilih Pemilu 2024

-kpu.go.id-

JAKARTA,PAGARALAMPOS.COM - Anggota KPU Betty Epsilon Idroos memantau langsung jalannya proses pencocokan dan penelitian (coklit) yang dilakukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) di Kecamatan Kelapa Lima, Kelurahan Kelapa Lima, Kota Kupang, Rabu 15 Februari 2023.

Pemantauan coklit berlangsung ditiga titik, pertama di Kediaman Muslimah Rusli, di RT011/05,  kedua di Kediaman Bugel Mata, RT09/05 Kecamatan Kelapa Lima, Kelurahan Kelapa Lima dan ketiga di Keuskupan Agung Kupang.

Di titik pertama, mantan Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta tersebut berbincang dengan warga yang di coklit, salah satunya menyampaikan pentingnya coklit sebagai bagian dari upaya KPU mendapatkan data pemilih valid di Pemilu 2024.

Hal yang hampir sama juga disampaikan Betty di lokasi kedua proses coklit, namun di tempat ini dia juga menyampaikan bahwa KPU telah memanfaatkan kemajuan teknologi pada proses ini, yaitu melalui e-coklit.

BACA JUGA:Puskeu Polri Beri Penghargaan ke 64 Anggota

Sementara itu di lokasi ketiga, saat bertemu dengan Uskup Agung Kupang, Mgr Petrus Turang, terjalin perbincangan menarik salah satunya berbicara tentang peran dan kerja penyelenggara pemilu yang cukup berat namun disebut sebagai pekerjaan mulia karena berjuang untuk demokrasi bangsa.

Turut mendampingi di tiga lokasi coklit, Ketua, Anggota KPU Provinsi NTT, Ketua, Anggota KPU Kota Kupang, PPK dan PPS Kelapa Lima.

Sementara itu disela kegiatan coklit, Betty juga menyempatkan diri untuk bertemu dengan Ketua Majelis Sinode GMIT, Pdt Mery LY Kolimon, di Kantor Sinode GMIT.

Di pertemuan ini Betty secara terbuka meminta dukungan Sinode GMIT untuk bersama menyukseskan Pemilu 2024. Dukungan ini sudah dapat dilakukan, mengingat saat ini menurut dia telah berlangsung proses pemutakhiran data pemilih oleh Pantarlih. “Oleh karena itu saya meminta dukungan tokoh agama dari Sinode GMIT untuk menyampaikan kepada jemaatnya untuk ikut menyukseskan kegiatan ini dan tahapan pemilu lainnya,” ungkap Betty.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kpu.go.id