Netralitas Pegawai Lapas Hingga TPS Khusus di Pemilu 2024

Netralitas Pegawai Lapas Hingga TPS Khusus di Pemilu 2024

-- kpu.go.id

JAKARTA,PAGARALAMPOS.COM -  Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Betty Epsilon Idroos hadir memberikan Sosialisasi Pembinaan Netralitas Pegawai Lapas II B, Sumba Barat, di Tambolaka, Kamis 16 Februari 2023.

Selain menyampaikan aspek netralitas, Betty juga menerangkan akan adanya TPS khusus di Pemilu 2024, di mana lapas menjadi salah satu lokasi yang berpotensi didirikannya TPS khusus bagi penghuni lapas maupun petugas.

Sementara itu saat berbincang dengan Kalapas Kelas IIB Sumba Barat, Yohanis Varianto, Betty juga bertanya tentang jumlah penghuni lapas yang memiliki hak pilih dan juga menerangkan jumlah surat suara yang bisa diterima penghuni lapas berdasarkan KTP elektronik yang dimiliki.

Betty juga berharap kerjasama antara Kalapas dengan KPU Kab Sumba Barat dalam menyediakan data dengan elemen lengkap terhadap warga binaan dapat terealisasi dalam rangka memudahkan layanan pemilih nanti di hari H pemungutan suara.

BACA JUGA:Instruksi Mendagri: Amankan Komoditas Pangan, Musim Penghujan Perlu Diwaspadai

Ikut hadir mendampingi Ketua, Anggota dan Sekretaris KPU Provinsi NTT serta Ketua, Anggota dan Sekretaris KPU Kabupaten Sumba Barat.

Sementara itu pada kunjungannya di Sumba Barat, Betty Epsilon Idroos juga menyempatkan diri untuk melihat langsung proses pencocokan dan penelitian (coklit). Coklit mendatangi Kediaman Kristian Tema Tobu dan Peda Wei Awang di RT09/05, Prai Ijing Kelurahan Tebara, Kecamatan Kota Waikabubak, Sumba Barat.

Pada kesempatan ini Betty menyampaikan perlunya coklit untuk memperbarui data pemilih, terutama bagi yang sudah tidak lagi berhak menggunakan hak suaranya. Salah satunya karena telah meninggal dunia. Betty pun mengajak masyarakat untuk melapor ke Dinas Dukcapil setempat apabila ada anggota keluarganya yang telah meninggal dunia.

Turut mendampingi, Ketua, Anggota KPU Provinsi NTT, Ketua, Anggota KPU Sumba Barat, Sumba Barat Daya dan Sumba Tengah serta PPK Kota Waikabubak dan PPS Tebara.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kpu.go.id