7 Fakta Akar Bajakah Miliki Manfaat untuk Obati Kanker

7 Fakta Akar Bajakah Miliki Manfaat untuk Obati Kanker

7 Fakta Akar Bajakah Miliki Manfaat untuk Obati Kanker -Foto: Ist-

4. Mencegah Infeksi Jamur 

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam Asian Journal of Health Research, menyebutkan bahwa akar bajakah memiliki senyawa alami yang dapat membantu melindungi tubuh dari infeksi jamur. 

BACA JUGA:Kamu Harus Tau Penyebab Mata Buram yang Mempengaruhi Penglihatan

Kandungan flavonoid dalam ekstrak metanol dari tanaman akar bajakah dapat membantu menghambat dan membunuh pertumbuhan jamur Candida albicans. 

Pertumbuhan jamur Candida albicans yang tidak terkendali kemungkinan dapat menyebabkan sariawan, infeksi jamur pada kulit, infeksi jamur pada vagina, infeksi sinus, dan gangguan pencernaan.

5. Mencegah Diabetes 

Dari hasil penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Kesehatan Prima, pemberian ekstrak akar bajakah memiliki aktivitas senyawa antidiabetes dan antioksidan. 

Kedua kandungan ini mampu menurunkan serum malondialdehyde pada tikus yang memiliki hiperglikemia (kadar gula darah tinggi). 

Senyawa-senyawa tersebut dapat bekerja menunda penyerapan glukosa, mengikat radikal bebas, dan menstabilkan hidroksida yang dapat menekan kondisi stres oksidatif (ketidakseimbangan radikal bebas dan antioksidan dalam tubuh).  

BACA JUGA:Alergi Jamur, Kenali Gejala dan Cara Pengobatannya

6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh 

Akar bajakah adalah salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. 

Sistem kekebalan tubuh berfungsi melindungi tubuh dari serangan berbagai organisme yang menyebabkan penyakit. 

Berdasarkan hasil uji skrining fitokimia, kandungan utama bajakah adalah saponin, flavonoid, dan tanin. Semua senyawa ini membuat sistem kekebalan tubuh bekerja lebih efisien untuk melawan berbagai penyakit. 

7. Mengobati Kanker

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: