7 Fakta Akar Bajakah Miliki Manfaat untuk Obati Kanker

7 Fakta Akar Bajakah Miliki Manfaat untuk Obati Kanker

7 Fakta Akar Bajakah Miliki Manfaat untuk Obati Kanker -Foto: Ist-

Manfaat Akar Tanaman Bajakah untuk Kesehatan Akar bajakah merupakan tanaman yang sering kali digunakan untuk mengobati berbagai penyakit oleh masyarakat Kalimantan. 

Khasiat ini tak lepas dari kandungan utama di dalamnya, seperti flavonoid, saponin, dan tanin. 

Berikut ini berbagai manfaat akar bajakah untuk kesehatan, di antaranya: 

1. Menurunkan Leukosit Tinggi 

Menurut penelitian yang dilakukan di Department of Nursing, School of Health YATSI, Indonesia, pemberian ekstrak akar bajakah dosis 100 mg/kgBB dapat menurunkan leukosit pada mencit (tikus) yang terinfeksi bakteri Salmonella typhimurium. Leukosit adalah sel darah putih yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari infeksi pemicu penyakit. Namun, kadar leukosit yang tinggi (leukositosis) berbahaya bagi kesehatan, termasuk menyebabkan demam berulang, infeksi, gangguan pada limpa, dan kanker

BACA JUGA:Jangan Anggap Remeh, ini Bahaya Vape Bagi Kesehatan

2. Mencegah Infeksi Bakteri 

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa manfaat ekstrak akar bajakah bisa digunakan untuk mencegah infeksi bakteri, terutama bakteri Escherichia coli. 

Infeksi bakteri ini dapat ditandai dengan diare yang ringan hingga parah, perut kram, mual dan muntah, demam, kehilangan selera makan, dan kelelahan. 

Terdapat beberapa kandungan senyawa alami yang membuat akar bajakah berkhasiat melindungi tubuh dari infeksi bakteri, termasuk saponin, flavonoid, tanin, dan polifenol. 

3. Mempercepat Penyembuhan Luka Luar 

Manfaat akar bajakah kemungkinan besar mampu mempercepat penyembuhan luka luar dan meredakan pendarahan luka. 

BACA JUGA:Begini Cara Mengatasi Bisul di Ketiak

Tanaman ini diketahui mengandung senyawa saponin dan tanin yang diyakini dapat merangsang pembentukan pembuluh darah baru di area luka. 

Ini tentunya akan membantu proses penyembuhan luka lebih cepat. Beberapa senyawa tersebut bersifat angiogenesis. Artinya, dapat membantu tubuh menghasilkan pembuluh darah baru. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: