Sekjen Kementerian Pertahanan Buka Pertemuan ADSOM-Plus WG

Sekjen Kementerian Pertahanan Buka Pertemuan ADSOM-Plus WG

Suasana ADSOM-Plus WG-tangkapan layar-Kemhan.go.id

Jakarta, PAGARALAMPOS.COM – Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan (Sekjen Kemhan) Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto membuka Pertemuan ASEAN Defence Senior Officials’ Meeting Plus Working Group (ADSOM-Plus WG), di Jakarta, Kamis (16/2).

Pertemuan para pejabat bidang pertahanan yang membicarakan isu pertahanan dan keamanan dalam lingkup ASEAN dan 8 negara mitra wicara, yaitu Australia, China, India, Jepang, Selandia Baru Korea Selatan, Rusia dan Amerika Serikat, berlangsung pada tanggal 16 Februari 2023.

BACA JUGA:Kapolres Pagar Alam Ajak Masyarakat Bersama Jaga Kamtibmas

Dalam sambutannya, Sekjen Kemhan mengatakan, menyusul KTT ASEAN di Kamboja pada 13 November 2022 lalu, lndonesia telah menerima mandat untuk menjadi Ketua ASEAN 2023. Melaksanakan tanggung jawab ini, lndonesia mengangkat tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth”.

Sejalan dengan tema tersebut, Indonesia juga menerima Keketuaan ADMM dan ADMM-Plus 2023. Dalam mengemban amanat ini Menhan Prabowo Subianto menetapkan tema ADMM dan ADMM-Plus 2023: Peace, Prosperity and Security. Tema ini mengandung makna bahwa Indonesia akan berupaya memperkuat posisi ASEAN sebagai kawasan yang stabil dan damai, dengan memperkuat kerja sama dan tidak menjadi proksi dari kekuatan manapun, sehingga ASEAN mampu menjadi kawasan yang kuat, inklusif, serta memiliki pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.

BACA JUGA:Mitigasi Bencana, Presiden RI Minta Basarnas Edukasi Masyarakat

lndonesia juga menyambut baik kontribusi positif dari negara-negara mitra wicara untuk secara konsisten mendukung negara anggota ASEAN, dalam menghadapi tantangan saat ini dan yang akan datang.

“Saya berharap, melalui pertemuan seluruh negara anggota ASEAN maupun mitra wicara, dapat menghasilkan kesepakatan yang bermanfaat dalam meningkatkan kemitraan dan kerja sama untuk mengatasi tantangan masa depan”, tegas Sekjen Kemhan.

 

 

 

Artikel ini telah tayang di laman kemhan.go.id : Sekjen Kemhan Buka Pertemuan ADSOM-Plus WG

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kemhan.go.id