Kenali 9 Faktor Risiko Penyebab Leukimia

Kenali 9 Faktor Risiko Penyebab Leukimia

Kenali 9 Faktor Risiko Penyebab Leukimia-Foto: net-

Selain benzena, paparan bahan kimia formaldehyde secara terus menerus juga disebut dapat meningkatkan risiko seseorang terkena leukemia. Adapun formaldehyde umumnya ditemukan dalam bahan bangunan dan banyak produk rumah tangga, seperti sabun, sampo, dan produk pembersih.

6. Kebiasaan merokok

Rokok mengandung beragam bahan kimia yang dapat menjadi penyebab kanker, termasuk leukemia. Para peneliti memperkirakan, sekitar 20 persen kasus leukemia AML terkait dengan merokok.

7. Kelainan genetik

Kelainan genetik juga bisa meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit leukemia. Beberapa kelainan atau gangguan genetik tersebut, yaitu down syndrome, sindrom Klinefelter, sindrom Schwachman-Diamond, atau beberapa kelainan genetik yang langka, seperti Fanconi anemia, ataxia-telangiecstasia, dan sindrom Bloom.

BACA JUGA:Obat Herbal Diabetes Ampuh Turunkan Gula Darah

8. Kelainan darah

Beberapa kelainan darah lain juga bisa menjadi penyebab terjadinya leukemia jenis tertentu. Misalnya, salah satu jenis myeloproliferative disorders, yaitu polycythemia vera, dapat meningkatkan risiko seseorang terkena leukemia AML.

9. Riwayat keluarga

Sebagian besar leukemia memang bukan penyakit yang dapat diturunkan dan tidak terkait dengan riwayat keluarga. Namun, seseorang yang memiliki orangtua, anak, atau saudara kandung dengan riwayat leukemia CLL, berisiko hingga empat kali lipat terkena penyakit yang sama. Meski demikian, sebagian besar penderita leukemia tidak memiliki keluarga dengan penyakit yang sama.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: