Kenali 9 Faktor Risiko Penyebab Leukimia

Kenali 9 Faktor Risiko Penyebab Leukimia

Kenali 9 Faktor Risiko Penyebab Leukimia-Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Banyak orang berpikir leukimia atau kanker darah adalah penyakit yang berkembang secara acak. 

Namun, ada beberapa hal yang bisa meningkatkan risiko Anda mengalami leukimia. Leukimia bisa dialami oleh siapa saja, baik anaka-anak ataupun orang dewasa. 

Dalam kebanyakan kasus, dokter tidak dapat menentukan penyebabnya.

Leukimia adalah salah satu jenis kanker darah yang umum terjadi. Kondisi ini dapat menyebabkan masalah serius pada tubuh, seperti anemia, perdarahan, infeksi, atau bahkan hingga kematian. Meski tampak menakutkan, mencegah leukemia masih mungkin dilakukan dengan menghindari berbagai penyebab dan faktor risiko penyakit ini. Lantas, apa penyebab dan faktor risiko terjadinya penyakit leukemia?

BACA JUGA:Kenali Ciri-ciri Keputihan Tidak Normal Yang Harus Kamu Ketahui

Penyebab terjadinya penyakit leukemia

Kanker leukemia adalah sel kanker yang ditemukan di darah dan sumsum tulang. Penyakit leukemia umumnya terjadi karena produksi sel darah putih abnormal (sel kanker) yang terlalu banyak, sehingga merusak fungsi sel darah putih normal dalam melawan infeksi.

Sel kanker ini juga mengganggu kemampuan sumsum tulang dalam memproduksi sel darah merah dan trombosit yang cukup untuk tubuh, sehingga penderitanya pun mungkin akan merasakan berbagai gejala leukemia, seperti anemia atau pendarahan.

Sel ini pun terus hidup meski sel yang normal akan mati suatu waktu dan digantikan dengan sel normal yang baru. Seiring waktu, sel darah putih abnormal ini akan mengganti keberadaan sel-sel sehat di dalam sumsum tulang, termasuk sel darah putih normal, sel darah merah, dan trombosit.

BACA JUGA:Waspada, Kadar Kolesterol LDL yang Tinggi Dapat Tingkatkan Risiko Penyakit

Selain mutasi DNA, para ilmuwan menemukan adanya perubahan kromosom pada pasien salah satu jenis leukemia, yaitu chronic myeloid leukemia (CML) atau leukemia mieloid kronis, yang mungkin menjadi penyebab leukemia. Pasalnya, sebagian besar pasien CML memiliki kromosom yang abnormal, yang disebut kromosom Philadelphia.

Adapun kromosom Philadelphia ini membuat sel menghasilkan protein yang disebut tirosin kinase, yang mendorong sel-sel leukemia tumbuh dan berkembang biak.

Meski demikian, sampai saat ini, penyebab terjadinya mutasi DNA dan kelainan lain di dalam sel darah ini juga masih belum diketahui pasti. Namun, beberapa faktor diyakini dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami leukemia.

Apa saja faktor risiko yang menjadi penyebab leukemia?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: