Kenali Ciri-ciri Keputihan Tidak Normal Yang Harus Kamu Ketahui

Kenali Ciri-ciri Keputihan Tidak Normal Yang Harus Kamu Ketahui

Kenali Ciri-ciri Keputihan Tidak Normal Yang Harus Kamu Ketahui-Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Keputihan sering kali dibicarakan sebagai masalah untuk para wanita. Padahal sebenarnya, asalkan dalam keadaan normal, Keputihan bukanlah sebuah penyakit. 

Malah sebaliknya, keputihan sebenarnya merupakan tanda keadaan reproduksi yang sehat. Ini berarti vagina memproduksi cairan dalam jumlah yang tepat. 

Di saat tertentu, seperti hendak menstruasi sampai sedang mengalami tekanan atau stress, cairan vagina yang diproduksi akan lebih banyak. Sehingga disebut dengan keputihan.

Namun selain keadaan keputihan yang normal ini, ada pula keadaan keputihan yang justru dianggap tidak nomal. Keputihan yang tidak normal tersebut biasanya merupakan pertanda adanya masalah pada organ reproduksi. Entah itu karena adanya penyakit menular seksual atau pun masalah kesehatan lain.

BACA JUGA:Terbukti Ampuh, Berikut ini Obat Sakit Pinggang Alami yang Patut Kamu Coba

Sebelum masuk memabahas mengenai tanda keputihan tidak normal, Anda sebaiknya mengenali dulu bagaimana ciri-ciri keputihan yang normal.

Keputihan atau vaginal discharge adalah keluarnya cairan tubuh dari vagina. Keputihan memang terjadi secara alami pada semua wanita sesuai dengan siklus menstruasi.

Biasanya, cairan yang keluar bertekstur kental dan lengket, tetapi menjadi lebih cair dan licin ketika terjadi ovulasi.

Keputihan yang normal umumnya berwarna bening atau putih dengan jumlah yang sedikit dan tekstur yang lengket. Keputihan ini berfungsi untuk membersihkan bakteri dan kuman di dalamnya.

BACA JUGA:Cegah Bau Badan Tak Sedap yang Buat Kamu Minder di Tempat Umum

Cairan yang dibuat oleh kelenjar di dalam vagina dan serviks akan membawa sel-sel mati dan bakteri keluar dari vagina. Hal inilah yang membuat vagina jadi bersih dan membantu mencegah infeksi.

Ciri-ciri keputihan tidak normal

Sebagian besar keputihan dianggap wajar dan aman apabila terjadi pada saat kehamilan atau melakukan aktivitas seksual.

Namun, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter jika keputihan yang terjadi tak biasa, terutama jika disertai gejala-gejala seperti vagina terasa sakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: