Kamu Harus Tau!! Perbedaan Fobia dan Trauma dan Cara Mengatasinya

Kamu Harus Tau!! Perbedaan Fobia dan Trauma dan Cara Mengatasinya

Trauma dan fobia-(freepik.com)-

PAGARALAMPOS.COM - Trauma dan fobia adalah dua hal yang membuat pengidapnya menimbulkan rasa takut serta kecemasan. 

Hal tersebut juga dapat menyebabkan seseorang merasakan gelisah dan tidak nyaman. Walau begitu, fobia dan trauma adalah dua hal yang berbeda. 

Berikut ini pembahasan tentang hal tersebut!

Perbedaan Trauma dan Fobia

Beberapa gangguan mental terkadang menimbulkan gejala yang mirip, termasuk trauma dan fobia. Keduanya sama-sama bisa membuat Anda merasakan cemas dan takut secara berlebihan.

BACA JUGA:4 Manfaat Buah Semangka Bagi Tubuh

Meski terlihat serupa, cara mengatasi trauma dan fobia tentu berbeda. Berikut sejumlah perbedaan di antara keduanya agar Anda tidak salah dalam menanganinya.

1. Pengertian

Menurut American Psychological Association, trauma adalah respons emosional seseorang terhadap peristiwa menakutkan yang pernah dialami, seperti kecelakaan, kekerasan, atau bencana alam.

Trauma umumya menimbulkan efek jangka panjang. Orang yang mengalami trauma psikologis kerap kali kesulitan untuk melanjutkan hidupnya seperti sedia kala.

BACA JUGA:Kamu Harus Tau!! 7 Pantangan yang harus dihindari Usai Jalani Vaksin Booster

Sementara itu, fobia adalah reaksi ketakutan berlebih, tidak terkendali, dan tidak masuk akal terhadap benda, orang, aktivitas, tempat, atau situasi tertentu.

Orang dengan fobia biasanya menyadari betul bahwa ketakutannya tidak masuk akal, tetapi ia tidak dapat berbuat apa-apa untuk mengatasinya.

Salah satu jenis gangguan kecemasan ini diakibatkan oleh suatu kejadian yang memunculkan ketakutan berlebih pada kemudian hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: