Mampu Serap 100 Persen Danan BOKB, BKKBN Beri Apresiasi Sejumlah Daerah

Mampu Serap 100 Persen Danan BOKB, BKKBN Beri Apresiasi Sejumlah Daerah

Sosialisasi Pelaksanaan Anggaran DAK Subbidang KB Tahun 2023-Tangkapan Layar-bkkbn.go.id

JAKARTA, PAGARALAMPOS.COM - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mengapresiasi daerah-daerah yang telah menyerap Dana Alokasi Khusus Bantuan Operasional Keluarga Berencana (BOKB) baik fisik maupun non fisik dengan realisasi di atas 80 persen. Sejumlah daerah mampu menyerap 100 persen dana BOKB tahun 2022.

Apresiasi itu disampaikan Kepala BKKBN Dr. (H.C) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) dalam sambutan pada acara Sosialisasi Pelaksanaan Anggaran DAK Subbidang KB Tahun 2023 Rabu 18 Januari 2023 lalu, secara hybrid di Ruang NKKBS di kantor BKKBN Pusat dan juga secara daring yang diikuti daerah.

Dana Alokasi Khusus (DAK) adalah dana yang bersumber dari pendapatan APBN yang dialokasikan kepada daerah tertentu dengan tujuan membantu mendanai kegiatan khusus yang merupakan urusan daerah dan sesuai dengan prioritas nasional.

“Terima kasih kepada beberapa Kabupaten yang hebat menurut saya penyerapan realiasi DAK non fisik ini bisa 100 persen. Kami berterima kasih kepada Jawa Barat, Lampung, Papua, Kabupaten Bandung Barat 100 persen, Lampung Tulang Bawang 100 persen, kemudian Sorong Papua 100 persen. Kemudian Kabupaten Tambrau, kemudian Sulawesi Barat itu Majene, Halmahera Timur, Sorong Selatan, Sarmi, Deiyai Papua, Kabupaten Mamberamo Tengah. Ini perlu diberi penghargaan,” kata Hasto.

BACA JUGA:Prevalensi Stunting di Indonesia Turun Menjadi 21,6 Persen, Jokowi: Saya Yakin Dengan Kekuatan Kita Bersama

Sedangkan realisasi DAK BOKB fisik Tahun 2022 yang telah mencapai 100 persen yaitu Kabupaten Sorong Selatan, Sorong, Mimika, Mamberamo Tengah, Deiyai, Raja Ampat, Way Kanan, Puncak, Seram Bagian Timur, Boven Digul, Mamasa, Paniai, Yahukimo, Pegunungan Bintang, Waropen, Supiori dan Nias Selatan.

“Ini luar biasa. Saya kira kami berikan penghargaan Pak Sestama (Tavip Agus Rayanto) mohon diberi sertifikat penghargaan meskipun tidak ada seremonialnya, tapi mereka menyerap BOKB tahun 2022 dengan angka 100 persen,” kata Hasto.

Hasto juga menilai bahwa pentingnya realisasi penyerapan DAK BOKB tersebut sangat erat kaitannya dengan keberhasilan dalam menurunkan stunting dan lainnya.

“Serapan anggaran baik yang fisik maupun yang non fisik ini baik yang secara langsung untuk kegiatan stunting maupun tidak langsung sebetulnya mempunyai dampak yang serius terhadap penurunan angka stunting di wilayah Bapak Ibu sekalian dan mempunyai dampak yang serius terhadap masalah penurunan miskin ekstrem. Dan juga mempunyai dampak yang serius terhadap penurunan angka kematian Ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB),” jelasnya.

BACA JUGA:Percepat Turunkan Stunting, BKKBN Beri Pelatihan Pendamping Keluarga Untuk Perkuat Kompetensi

BKKBN terus memacu daerah untuk meningkatkan penyerapan DAK Subbidang KB untuk mendukung program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting. 

Hasto mengajak seluruh Tim Pengendali DAK Subbidang KB di Tingkat Pusat, Provinsi dan Kabupaten Kota untuk terus bekerja sama dalam upaya mengoptimalkan peran DAK Subbidang KB karena realiasi DAK Subbidang KB tidak hanya akan mendukung program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting tetapi juga sektor lainnya seperti menurunkan Angka Kematian Ibu dan bayi bahkan menurunkan angka kemiskinan ekstrem, tuturnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Biro Keuangan dan Pengolahan Barang Milik Negara Soetriningsih, S.Sos, M.Si. pun mengungkapkan rendahnya realisasi penyerapan DAK SUbbidang KB pada tahun anggaran 2022.

“Capaian realisasi pelaksanaan DAK Subbidang KB sampai dengan Triwulan IV Tahun Anggaran 2022 sebagaimana terpantau melalui Aplikasi MORENA per tanggal 10 Januari 2023, untuk DAK Subbidang KB Fisik  terealisasi sebesar 86.91% sedangkan untuk DAK Subbidang KB Nonfisik (BOKB) terealisasi sebesar 66,75%,” imbuh Soetriningsih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bkkbn.go.id